Tingkat Pemanfaatan Database PPDPP Meningkat Drastis

Reviu penggunaan Database PPDPP kembali dilakukan oleh Divisi Database dan Divisi Teknologi Informasi, Unit Kerja Direktur Operasi PPDPP pada bulan Maret 2017, setelah sebelumnya dilakukan Reviu kesatu pada bulan Januari 2017 lalu. Kegiatan Reviu kedua tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 31 Maret 2017 di Hotel Veranda Jakarta Selatan.

Kegiatan Reviu kedua pemanfaatan Database PPDPP dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Unit Kerja di lingkungan PPDPP dan dimoderatori oleh Jadima Lumban Raja. Reviu dilakukan oleh Tim yang terdiri dari Muhammad Nauval, Fachri, dan Muji Prasetyo Iryanto. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk audit internal yang dilakukan oleh Divisi Database, Unit Kerja Direktur Operasi untuk memastikan pemanfaatan Database PPDPP berjalan dengan optimal, efisien, efektif dan aman.

Beberapa poin hasil Reviu Database untuk periode Januari-Maret 2017 menunjukan jumlah Akun Database Cloud PPDPP yang semula berjumlah 58 Akun telah meningkat sebesar 17,2% menjadi total 68 Akun. Jumlah User Aktif Database Cloud PPDPP yang semula berjumlah 29 User (50%) telah meningkat sebesar 127,6% menjadi 66 User Aktif (97,1%). Selain itu, jumlah file yang tersimpan dalam Database Cloud PPDPP sebagian besar mengalami pertambahan yang signifikan, diantaranya: jumlah file MS Word tercatat sebanyak ± 2.200 file (bertambah ± 1.200 file), jumlah file MS Excel tercatat sebanyak ± 2.700 file (bertambah ± 1.800 file), jumlah file PDF tercatat sebanyak ± 30.000 file (bertambah ± 5.000 file), dan lainnya dengan jumlah total file yang tersimpan dalam Database Cloud PPDPP mencapai ± 60.230 file.

Diharapkan dengan adanya Reviu yang dilaksanakan secara periodik dan konsisten ini, maka Database PPDPP dapat terpelihara dengan baik, terkelola secara profesional guna untuk menjamin kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity), dan ketersediaan (availability) aset informasi yang bernilai strategis bagi PPDPP Kementerian PUPR.