PPDPP Selenggarakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan Lapangan Tahun 2019

Yogyakarta, 25 Februari 2019 – PPDPP melalui Divisi Pemantauan dan Evaluasi unit kerja Direktur Operasi selenggarakan Rapat Koordinasi Pelaksanaaan Kegiatan Pemantauan Lapangan Tahun 2019. Bertempat di Hotel Harper Yogyakarta, kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 25 Februari 2019 hingga 1 Maret 2019. Dalam rangkaian kegiatan ini, PPDPP mengundang 30 Petugas Lapangan, 3 Petugas Verifikasi, dan 1 Petugas Administrasi, terkait pelaksanaan monitoring dan evaluasi rumah KPR Sejahtera FLPP.
Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono bersama dengan Direktur Operasi PPDPP, Nostra Tarigan. Dalam arahannya, disampaikan bahwa anggaran yang dikucurkan oleh Pemerintah melalui PPDPP dalam program FLPP ini cukup besar, hal tersebut dikarenakan bahwa masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah masih banyak.
Budi Hartono menyampaikan bahwa petugas lapangan yang hadir ini adalah untuk memastikan bahwa yang mengambil FLPP adalah orang-yang yang benar-benar memerlukan. Namun tentunya PPDPP tidak dapat memantau seluruhnya, sehingga membutuhkan peran serta Petugas Lapangan.
Nostra menyampaikan bahwa tahun 2018 lalu, PPDPP telah memenuhi target pemantauan rumah KPR Sejahtera FLPP, dari 43.000 menjadi 53.000 “saya kira ini suatu prestasi yang sangat bagus. Data-data yang dikumpulkan Petugas Lapangan akan diolah dan dapat menjadi evaluasi untuk kebijakan yang baru” ujar Nostra menambahkan. Selain itu Nostra juga sampaikan bahwa ke depannya PPDPP akan terus mengembangkan sistem, sehingga makin mudah memantau hasil kunjungan lapangan, tindak lanjutnya, hingga dan pada proses eksekusi.
Budi Hartono selaku Direktu Utama PPDPP juga menegaskan bahwa ketika di lapangan, Petugas Lapangan ini mewakili pemerintah, sehingga nama baik dan reputasi harus dijaga. “Diharapkan tahun 2019 akan dapat lebih sukses, saya ucapkan penghargaan setinggi-tingginya terhadap capaian tahun lalu” imbuh Budi Hartono.
Dalam meningkatkan kualitas Petugas Lapangan dalam bertugas, PPDPP menggelar berbagai sesi kegiatan, seperti Building Learning Commitment yang dibawakan oleh Danang Kadarusman, Pelatihan Penggunaan aplikasi e-Monev dan Input Data Hasil Pemantauan Lapangan oleh Arief Setiawan, Sharing Knowledge dan Experience hingga Teknik Pemotretan dalam Kegiatan Pemantauan dan Evaluasi yang disampaikan oleh internal PPDPP.