Arief Sabaruddin: “Hargai Proses & Lihat Masa Depan”

Di hari pertama Selasa (17/9)  menapak kaki di Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (LPDPP), Arief Sabaruddin, Direktur Utama LPDPP yang baru dilantik Jumat (13/9) lalu oleh Menteri PUPR, langsung bersilaturahmi dengan Dewan Pengawas  dan pegawai di unit kerja LPDPP. Didampingi oleh Direktur Layanan, Agusny Gunawan, Direktur Keuangan, Arief Rahman Hakim, Direktur Operasi, Martanto Boedi Joewono dan Direktur Umum dan Hukum, Monhilal, Arief menceritakan perjalanan karirnya selama 30 tahun menjadi PNS di Kementerian PUPR. Dengan jabatan terakhir menjadi Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman, Arief terbiasa dengan penelitian dan menulis. Berawal meniti karir tahun 1990 kemudian melanjutkan pasca sarjana di Ecole Nationale des Travaux Public de l’Etat, Lyon – Perancis, lulus tahun 1992. serta Doktor Arsitektur, Universitas Katolik Parahyangan Bandung, lulus tahun 2013. Arief jug pernah mendapatkan beberapa penghargaan salah satunya: Penghargaan Satyalancana Karya Satya X Tahun 2001, Penghargaan Satyalancana Pembangunan Presiden Republik Indonesia, atas penemuan Teknologi Pra-cetak sederhana Risha, 2 Agustus 2005 dan Penghargaan Peneliti Utama Terbaik 2014, Badan Litbang Kementerian PUPR, pada 3 Desember 2014. Turut hadir dalam acara perkenalan tersebut, Ketua Dewan Pengawas LPDPP, Lana Winayanti, Anggota Dewas Mirna Amin dan Saefuddin.

Dalam sambutan perkenalannya, Arief merasa nyaman ketika pertama kali menapak kakinya di LPDPP. “Saya butuh dukungan dari semua pihak, apalagi dengan tenaga-tenaga muda untuk LPDPP yang lebih baik. Saya akan belajar dari direksi yang lain. Ini adalah dunia baru buat saya,” ujarnya. Pria kelahiran Bandung ini menyampaikan, bahwa ia merupakan orang yang sangat menghargai sebuah proses, dengan memperhatikan waktu dan target. “Masa depan terpampang luas di depan, sehingga diharapkan semua bisa memanfaatkan segala upaya untuk hasil yang lebih baik dan jangan terlena dengan masa lalu,” tambahnya.

Kini, dengan direksi yang sudah lengkap, LPDPP akan lebih optimal untuk pelayanan yang lebih baik. Sebagai lemabag yang mengelola dan menyalurkan dana FLPP, LPDPP telah menyalurkan dana FLPP per 9 September 2019 sebanyak 55.982 unit senilai Rp5,38 Triliun Akumulasi dari tahun 2010 – 9 September 2019 sebanyak 633.749 unit senilai Rp42,203 Triliun.