Awal November, Realisasi FLPP Telah Mencapai 100,51%

Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (LPDPP)  melalui 39 Bank Pelaksana telah menyalurkan 69.207 unit untuk KPR Sejahtera FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) per 4 November 2019. Nilai penyaluran ini telah mencapai 100,51% daro total anggaran FLPP yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar 68.858 unit untuk tahun 2019. Sedangkan dari anggaran yang dilimpahkan ke LPDPP senilai Rp7,1 triliun untuk tahun yang sama dalam periode tanggal yang sama terserap sebesar Rp6,68 triliun atau sekitar 94,12%. Dari database yang ada, dari jumlah penyaluran yang ada, terdiri dari 69.207 unit untuk rumah tapak dan 121 unit untuk rumah susun.  “Tahun 2019 ini kami, LPDPP akan menyalurkan dana FLPP lebih banyak jika dibandingkan dengan target yang ada,” ungkap Direktur Utama LPDPP, Arief Sabaruddin.

Sehubungan dengan telah dilaksanakannya evaluasi penyaluran dana FLPP terhadap seluruh Bank Pelaksana, dimulai dari triwulan I hingga evaluasi triwulan III terdapat 10 bank dengan presentase capaian unit tertinggi  melebihi seratus persen serta 12 Bank Pelaksana dengan capaian unit antara 80%-100% . Sisanya terdapat 10 bank pelaksana dengan persentase capaian unit antara 50%-80% dan 7 bank pelaksana capaian unitnya berada di bawah 50%.

Untuk tahun 2020, menurut Direktur Layanan, Agusny Gunawan, bank pelaksana yang akan bekerja sama dengan LPDPP adalah bank yang memenuhi 3 kriteria penilaian yaitu 50% indikator capaian kinerja yang terdiri dari pencapaian bank dan data lolos uji, 25% indikator keuangan yaitu penyampaian data debitur, penyampaian rekening koran, pembayaran pokok dan tarif, rekonsiliasi dan pelunasan dipercepat serta 25% inidkator operasional yaitu penyaiapan stiker/plat KPR Sejahtera, dukungan pemantaaun lapangan, tindak lanjut surat peringatan, penyediaan seluruh data penyaluran dana FLPP dan implementasi host to host.

Ke depan, LPDPP akan lebih selektif dalam menjalin kerja sama dengan bank-bank yang menyalurkan dana FLPP untuk hasil yang lebih baik.