BLU LPDPP Bahas Manajemen Kinerja dan Manajemen Karir

Dalam Rangkaian Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Tahun 2019, Divisi SDM Unit Kerja Direktur Umum dan Hukum BLU LPDPP mengadakan Pembahasan Manajamen Kinerja dan Manajemen Karir di BLU LPDPP yang di laksanakan di Hotel Ambhara, Jakarta. Pembahasan tersebut dibuka oleh Prof.Dr.Ir.Arief Sabaruddin,C.E.S selaku Direktur Utama dan di hadiri oleh Para Direktur, Kepala SPI, Para Kepala Divisi, Plt. Kepala Divisi dan Para Pegawai LPDPP. Dalam kegiatan pembahasan tersebut mengundang Narasumber dari Biro Kepegawaian, Organisasi dan Tata laksana Sekretariat Jenderal dan Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja BPSDM Kementerian PUPR, serta di moderatori oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM.

BLU LPDPP adalah satu-satunya BLU di lingkungan Kementerian PUPR dan menjadi bagian dari BLU di Indonesia yang jumlahnya sudah lebih dari 200 unit organisasi. BLU LPDPP telah menyalurkan FLPP lebih dari 600 ribu MBR/unit rumah dan mengelola dana lebih dari 40 Triliun Rupiah. Pada Tahun 2019 BLU LPDPP dihadapkan pada target kinerja yang lebih tinggi dibanding dengan Tahun 2018, namun dengan jumlah SDM yang lebih sedikit dan sangat terbatas. Oleh karena itu Manajemen Kinerja dan Manajemen Karir menjadi salah satu hal penting yang perlu di kembangkan untuk mendukung pencapaian target kinerja BLU LPDPP.

Pembahasan Manajemen Kinerja yang dilaksanakan mencakup pembahasan mengenai SKP, Kontrak Kinerja, LKP serta penilaian prestasi kerja, berdasarkan Keputusan Direktur Utama No. 79 Tahun 2018 tentang Tim Penilai Kinerja Pegawai di Lingkungan PPDPP dan Surat Edaran Direktur Utama No 11/SE/Sg/2019 tentang Manajemen Kinerja Pegawai di lingkungan BLU PPDPP. Sedangkan Pembahasan Manajemen Karir terkait Grading berdasarkan Peraturan pemerintah No 23 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2012 tentang BLU, Peraturan menteri keuangan No 180 tahun 2016 tentang Penetapan dan Pencabutan BLU, Keputusan Direktur Utama No 120 tahun 2018 tentang Syarat Pemberhentian Kepala Divisi yang berasa dari Pegawai tetap BLU-PPDPP melalui Jalur Promosi dan Keputusan Direktur Utama Nomor 121 Tahun 2018 tentang Syarat Pengangkatan dan pemberhentian Pegawai BLU Tenaga Profesional Non-PNS dari Unsur PKWT.

Selain hal tersebut, Materi-Materi lainnya yang disampaikan yaitu Pemahaman terkait konsep dan tujuan terkait BLU, Informasi terkait jumlah Pegawai LPDPP, Peningkatan Kapasitas SDM Tahun 2019 mencakup Kegiatan peningkatan kompetensi hard skills dan soft skills serta internalisasi budaya organisasi, Sistem Manajemen SDM.

Prof.Dr.Ir.Arief Sabaruddin,C.E.S mengatakan bahwa SDM sangat penting bagi LPDPP, dan diharapkan seluruh Pegawai BLU LPDPP dapat memperkuat Team Work sehingga Manajemen Kinerja dan Manajemen Karir yang di bahas dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM BLU LPDPP.