Dewas dan Direksi LPDPP Kunjungi Perumahan FLPP di Batam

Dalam rangka kunjungan kerja Dewan Pengawas (Dewas) dan Direksi Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (LPDPP) mengadakan kunjungan lapangan ke Rusun Batam Centre Park dan Perumahan Ricci 2 pada hari Jumat (25/10) di Batam.  Rusun Batam Centre Park hanya terdapat 8 unit yang dibiayai dengam Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dari 128 unit yang ada.  Rusun yagn dibangun oleh PT Limas Pratama Indah berada dalam limgkungan perumahan kelas menengah atas di kota Batam. Sedanglam perumahan kedua yang dikunjugi adalah Perumahan Ricci 2. Perumahan yang dibangun oleh PT Graha Harmoni ini  berjumlah 330 unit di atas lahan seluas 6 ha. Tingkat kepenghunian perumahan FLPP tinggi hingga 98%. Dalam dialog yang dilakukan bersama warga, Fitriani salah satu penghuni perumahan menyatakan kepuasanya terhadap program ini sehingga ia bersama keluarga dapat memiliki rumah.

Pada hari  yang sama, juga diadakan Rapat Dewas yang membahas tentang Inovasi terkait dengan Proses Bisnis LPDPP ke depan. Dalam paparannya, Direktur Utama LPDPP, Arief Saaruddin menyampaikan bahwa ke depan LPDPP akan mengubah proses bisnis FLPP yang dulunya menjadikan  MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) sebagai “Objek” maka kini menjadi MBR sebagai “Subjek”.

Berkaitan dengan inovasi yang akan dilakukan tersebut, LPDPP melalui Divisi Teknologi Informasi akan segera meluncurkan aplikasi yang dikenal dengan “SiKasep” (Sistem Informasi KPR Sejahtera FLPP). Aplikasi ini nantinya akan membantu MBR yang butuh akan rumah untuk mendaftarkan diri dengan mengisi Nomor Induk Kependudukkan (NIK)  dan lokasi rumah yang diinginkan. “Sehingga MBR tersebut masuk dalam daftar antrian masyarakat yang membutuhkan rumah,” ujar Arif menjelaskan. Rencananya aplikasi ini akan segera diluncurkan pada akhir November 2019 atau minggu pertama Desember 2019.

Hadir dalam kunjungan lapangan dan Rapat Dewas teresbut, Lana Winayanti, Ketua Dewas didampingi oleh Anggota Dewas, Achmad Saefuddin, Mirna Amin dan Arief Setiabudi Cani serta para Direksi LPDPP, Arief Sabaruddin, Direktur Utama didampingi Direktur Umum dan HUkum, Monhilal, Direktur Operasi, Martanto, Direktur Layanan, Agusny Gunawan dan Direktur Keuangan Arief Rahman Hakim dan para Kepala Divisi dan Plt. Kepala Divisi dari Unit Kerja di Lingkungan LPDPP.