SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

Dorong Penyaluran FLPP di Jawa Timur, PPDPP Lakukan Perjanjian Kerjasama Tripartit dengan BPD Jatim dan PT. SMF

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan melaksanakan kegiatan rapat koordinasi untuk membahas mengenai peningkatan peran pemerintah daerah dalam penyaluran kredit perumahan rakyat (KPR) bersubsidi oleh Bank Pelaksana Daerah (BPD) di Hotel Majapahit, Surabaya, Jum’at 28 September 2018.

Kegiatan ini didukung oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF) dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur selaku tuan rumah tempat diselenggarakannya rapat ini. Adapun PPDPP Kementerian PUPR merupakan Badan Layanan Umum (BLU) yang bertugas mengelola dan menyalurkan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk pembangunan Rumah KPR bagi MBR. Sementara itu PT. SMF sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang fokus di bidang pembiayaan sekunder perumahan yang dapat meningkatkan tersedianya dana jangka menengah/panjang untuk sektor perumahan dengan mekanisme penyaluran dana melalui Bank-Bank Pelaksana yang memungkinkan kepemilikan rumah menjadi terjangkau bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Rapat ini melibatkan seluruh Bank Pelaksana Daerah (BPD) di seluruh Indonesia dan Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah yaitu Program Sejuta Rumah. Selain itu untuk menekan angka backlog rumah bagi MBR di daerah pemerintah pusat melibatkan peran BPD dan pemerintah daerah selaku stakeholder dalam mewujudkan rumah layak huni yang terjangkau dan berkualitas.

Turut hadir dalam rapat koordinasi ini pejabat tinggi pratama dan madya Kementerian PUPR, diantaranya Direktur Pendayagunaan Sumber Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Adang Sutara sekaligus membacakan laporan ketua Panitia; Direktur Operasi PPDPP, Nostra Tarigan sekaligus menjadi narasumber dalam sesi diskusi; Kepala Bidang Perumahan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, Agus Heru Widodo; dan Direktur Utama BPD Papua, F. Zendrato.

Puncak kegiatan ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Tripartit antara PPDPP, PT. SMF dan BPD Jawa Timur yang diwakili oleh Direktur Operasi PPDPP, Nostra Tarigan; Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan PT. SMF, Heliantopo; dan Direktur BPD Jawa Timur, Soeroso. Selain itu, kegiatan penandatanganan dilanjutkan pada Perjanjian Kerjasama Bilateral antara PT. SMF dengan Bank Jatim, Bank Sulselbar, dan Bank Kaltimtara.