Forum Reboan, Kementerian PUPR Bahas Permasalahan Perumahan

Berbagai upaya dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mencari solusi mengenai masalah perumahan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan menggelar diskusi perumahan setiap hari Rabu yang dinamakan sebagai “Forum Reboan”.

“Kami mengundang berbagai pihak untuk menyampaikan aspirasinya terkait perumahan di “Forum Reboan” yang digelar setiap Rabu oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Senin (14/1). Dalam “Forum Reboan” tersebut, PUPR menggandeng para pemangku kepentingan bidang perumahan untuk mendiskusikan berbagai hal terkait perumahan. Tak hanya itu saja, diskusi itu juga dilaksanakan untuk mencari solusi serta menyusun konsep perumahan yang ideal.

Para peserta dibagi menjadi lima pilar atau kelompok. Pilar pertama adalah akademisi, kedua, pilar para pakar dan pemerhati serta penggiat perumahan yang tergabung dalam Griya Kita, ketiga adalah pilar The Housing and Urban Development (HUD) Institute, keempat adalah pilar swasta, asosiasi dan pengembang perumahan dan pilar ke lima adalah pilar birokrasi.

“Diskusi masalah perumahan dalam “Forum Reboan” berlangsung sangat dinamis. Saya pantau dan sudah menyimak terus hasil diskusinya. Setiap Rabu kami kumpulkan siapa saja yang ingin membicarakan apa yang jadi kegalauan dan kritikan terkait berbagai program perumahan saat ini,” terangnya.

Khalawi menyampaikan topik yang dibahas dalam “Forum Reboan” bermacam-macam, hingga saat telah berjalan sekitar delapan bulan. “Kami berharap nantinya “Forum Reboan” ini bisa berjalan dengan rutin dan diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan,” katanya.