Identifikasi Potensi & Pemetaan Pegawai BLU LPDPP melalui Pofiling & Asesmen tahun 2019

Dalam rangka identifikasi potensi dan pemetaan Pegawai dalam Manajemen SDM di lingkungan BLU LPDPP, Divisi SDM Unit Kerja Direktur Umum dan Hukum mengadakan Profiling dan Asesmen Pegawai yang dilaksanakan pada tanggal 9 sampai dengan 11 September 2019 yang bertempat di Firstasia Consultants Jakarta. Peserta Profiling dan Asesmen terdiri dari Kepala Divisi, Senior Staf, Staf dan Pegawai dengan Perjanjian Kerja Waktu tertentu. Profiling dan Asesmen dilaksanakan dalam 3 Batch, hal tersebut bertujuan agar tidak menganggu aktivitas kantor/Layanan BLU LPDPP.

Tujuan dilaksanakan Profiling dan Asesmen ini adalah untuk memperoleh data yang relevan, objektif, akurat dan komprehensif tentang kondisi Pegawai saat ini dan mengetahui profil Pegawai secara utuh terutama terkait karakter, potensi yang dimiliki dan yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kompetensi dan performa guna mendukung pencapaian target dan kinerja organisasi.   Kompetensi Profiling (Asesmen) bagi Kepala Divisi/Kepala SPI dirancang khusus untuk menggali kemampuan pengambilan keputusan. Dari metode ini akan terlihat beberapa aspek yang menunjang gaya kepemimpinan dalam pelaksanaan tugas/pekerjaan.

Para Kepala Divisi/setingkat dilakukan Asesmen dengan standar level 3 pada setiap kompetensi yang diukur/dinilai. Sedangkan Profiling Berbasis Kompetensi yang dilaksanakan bagi Para Pegawai mencakup penilaian dengan konsep Big 5 yaitu meliputi Negative Emotionality yaitu derajat individu berespon terhadap stress, Extraversion yaitu derajat individu berespon terhadap orang/lingkungan sosial, Openness yaitu derajat individu berespon terhadap suatu perubahan, Agreeableness yaitu derajat individu berespon terhadap otoritas, Conscientiousness yaitu derajat individu mengarahkan untuk mencapai suatu tujuan.

Dengan dilaksanakannya Profiling dan Asesmen, diharapkan manajemen BLU LPDPP dapat memperoleh informasi yang komprehensif dan independen terkait karakter dan potensi SDM di BLU LPDPP. Informasi tersebut akan menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam manajemen SDM baik dalam konteks penerapan prinsip right man on the right place maupun dalam konteks manajemen karir dan manajemen talenta di BLU LPDPP. Manajemen SDM yang professional diharapkan dapat mendukung pencapaian target kinerja organisasi dan menjaga agar organisasi BLU LPDPP dapat terus berkembang menjadi lebih baik sesuai dengan prinsip Continuous Improvement.