SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

Kementerian PUPR Berikan Bantuan PSU di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan terus mendorong terwujudnya rumah layak huni dan terjangkau bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) salah satunya melalui pemberian Bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) untuk Perumahan Umum. Hal itulah yang menjadi kesimpulan dari kunjungan Direktur Rumah Umum dan Komersial, Dadang Rukmana ke salah satu lokasi penerima Bantuan PSU di Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung.

Di sela kunjungan kerjanya ke Provinsi Bangka Belitung pada tanggal 14 April 2018, Dadang yang didampingi perwakilan SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Babel berkesempatan meninjau pelaksanaan fisik Bantuan PSU TA 2018 di perumahan bersubsidi Dealova Bahagia yang berlokasi di Kota Pangkal Pinang. Dalam kunjungan tersebut, Dadang menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian PUPR hingga kini terus berupaya mendorong pembangunan rumah bagi MBR di daerah salah satunya melalui pemberian Bantuan PSU, hal ini dilakukan semata-mata untuk mendukung tercapainya Program Satu Juta Rumah.

Bantuan PSU diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pelaku pembangunan salah satunya sebagai bentuk stimulasi.

“Pemberian Bantuan PSU ini merupakan salah satu bentuk policy Ditjen Penyediaan Perumahan yang salah satunya bertujuan untuk memberi stimulasi bagi pelaku pembangunan untuk dapat membangun rumah lebih banyak bagi MBR, jadi dengan diberikan bantuan PSU ke perumahan ini saya harap pengembang Dealova dapat memiliki semangat lebih besar untuk membangun rumah bersubsidi”, kata Dadang.

Di sisi lain, Akhi, selaku Direktur PT Stanley Property Mandiri pengembang Dealova Bahagia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kementerian PUPR atas bantuan yang telah diberikan kepada perumahannya. Menurutnya, pihaknya merasa sangat terbantu dengan adanya Bantuan PSU karena selain pihaknya dapat fokus pada peningkatan kualitas rumah yang dijual nya kepada masyarakat, bantuan yang diberikan juga mampu memberi dampak positif bagi perumahannya, salah satunya meningkatnya penghunian.

“Bantuan PSU yang diberikan Kementerian PUPR selain memberi rangsangan bagi kami untuk untuk membangun rumah yang berkualitas, ternyata juga dapat berpengaruh terhadap meningkatnya penghunian rumah” ujarnya.

Di samping Bantuan PSU, Dadang mengemukakan bahwa instrumen kebijakan untuk mendorong pembangunan rumah MBR yakni dengan kemudahan perizinan pembangunan perumahan sebagaimana telah diatur dalam PP Nomor 64 Tahun 2016. Dadang meyakini daerah yang telah menerapkan aturan kemudahan perizinan maka pengurusan perizinan pembangunan perumahan MBR di daerah akan lebih mudah dan cepat yang tentunya berdampak pada meningkatnya pembangunan perumahan MBR di daerah, untuk itu menurutnya Ditjen Penyediaan Perumahan akan terus berkoordinasi dengan Kemendagri untuk memonitor pelaksanaan pemberian perizinan di daerah.

Sebagai informasi, Perumahan Dealova Bahagia merupakan lokasi penerima Bantuan Tahun Anggaran 2018 di Kota Pangkal Pinang. Perumahan yang dibangun sejak 2017  lalu memiliki daya tampung sebanyak 280 unit. Adapun Bantuan PSU yang diberikan meliputi jalan lingkungan paving block dengan panjang 280 meter untuk melayani 80 unit rumah umum dan progres pelaksanaan fisiknya hampir rampung.