Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi

Kementerian PUPR Sajikan Hasil Pembangunan Perumahan Melalui Pameran Photo Hapernas 2017

Jakarta – Bertepatan dengan peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2017 yang diperingati setiap tanggal 25 Agustus, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membuka secara resmi pameran photo perumahan di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (25/8).

Photo-photo yang dipamerkan merupakan karya para peserta lomba foto dalam rangka Hapernas dengan tema “Rumah Layak Huni Menuju Masyarakat Sejahtera” yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR mulai dari tanggal 11 hingga tanggal 19 Agustus 2017 lalu yang diikuti oleh unor perumahan, Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) turut memeriahkan.

Lomba dan pameran foto ini diselenggarakan agar masyarakat bisa melihat secara nyata hasil pembangunan yang dilakukan Kementerian PUPR dalam menyediakan rumah layak huni bagi semua masyarakat dan berkelanjutan.

“Photo-photo ini setidaknya menyampaikan tiga pesan: pertama adalah photo sebagai karya seni; kedua adalah sebagai laporan kepada publik progres dan capaian kerja Kementerian PUPR di lapangan; dan yang ketiga bahwa kami harus lebih memberikan perhatian pada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), karena masih banyak daerah yang belum tersentuh program perumahan,” kata Menteri Basuki.

Sebagai hasil penjurian, tampil sebagai Juara I adalah Sofyan Efendi dengan foto berjudul “Tradisi Keunikan Rumah Adat” dengan hadiah sebesar Rp 15 juta, Juara II mendapatkan hadiah sebesar Rp 10 juta adalah Muhammad Abdul Aziz dengan judul “Rusunawa Kaligawe dengan Fasilitas Bermain”, dan Juara III dengan hadiah sebesar Rp 5 juta adalah Wisnu Romadhinata dengan judul foto “Pemandangan di Rusunawa Jerakah”.

“Dalam karya seni, hadiah materi tentu bukan berarti apa-apa. Tapi kami sangat menghargai karya seni para peserta lomba yang banyak memberikan catatan bagi kami di PUPR,” ungkap Menteri Basuki. Karya photo yang baik adalah karya yang bisa menyampaikan pesan mendalam, ungkap Menteri Basuki.

Dalam acara tersebut, Menteri Basuki juga sedikit berkisah tentang ketertarikannya dalam dunia fotografi. Meskipun bukan fotografer handal, Menteri Basuki sempat mengikuti kursus photografi pada salah satu sekolah photografi ternama di Jakarta.

Pembukaan pameran foto juga dihadiri oleh para pejabat tinggi madya dan pratama Kementerian PUPR. Pameran dibuka dengan pemukulan gong dan penyerahan hadiah, yang dilanjutkan dengan melihat foto-foto yang dipamerkan.

Selain tiga pemenang, terdapat 10 foto terbaik dan juga satu foto pemenang untuk kategori  “like” terbanyak di media sosial. Juri lomba foto terdiri dari Ketua Galeri Foto Jurnalistik Antara Oscar Matuloh, Kepala Divisi Foto dan Artistik Haryanto, dan Sesditjen Penyediaan Perumahan Lukman Hakim. Sedangkan Ketua Panitia penyelenggara Lomba Photo adalah Direktur Rumah Khusus, Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Christ Robert Panusunan Marbun.

Pameran foto diselenggarakan dari tanggal 25 hingga 31 Agustus 2017 dengan ruang pamer di tiga lokasi yakni Lantai Dasar Gedung Utama Kementerian PUPR, Gedung G Kementerian PUPR dan Lantai 2 Kementerian Gedung Ex Kemenpera. (Tet)