LPDPP Konsisten Terapkan Aspek CIA Dalam Pengelolaan Data

Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (LPDPP) melalui Divisi Database Unit Kerja Direktur Operasi melaksanakan Sosialisasi Sistem Database dan Bimbingan Teknis Business Intelligence Tools: Tableau Software pada hari Kamis sampai dengan Jumat, 12-13 September 2019 di Hotel Ambhara, Jakarta. Acara dibuka oleh Plt. Kepala Divisi Database, Fachri dan dihadiri oleh Perwakilan Dit. Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Permukiman, Ditjen. Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR; Perwakilan Dit. Perencanaan Penyediaan Perumahan, Ditjen. Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR; dan dari LPDPP turut hadir Kepala Divisi SDM, Kepala Divisi Humas, Plt. Kepala Divisi Pemantauan dan Evaluasi dan Perwakilan dari seluruh divisi di lingkungan LPDPP. Bimbingan teknis disampaikan oleh PT. Sun Artha yang merupakan partner resmi Tableau di Indonesia.

Pada Tahun 2017, LPDPP yang sebelumnya merupakan PPDPP telah memperoleh Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) ISO 27001:2013, SMKI menitikberatkan pada 3 aspek CIA yaitu aspek Confidentiality (Kerahasiaan), Integrity (Keaslian) dan Availability (Ketersediaan) data dan informasi. Sebagai informasi, Aspek Confidentiality (Kerahasiaan), menitikberatkan pada kerahasiaan data, contoh data strategis yang bersifat rahasia adalah data yang mengandung unsur pribadi, misalkan data debitur FLPP dan data pegawai LPDPP, dikarenakan klasifikasi data tersebut rahasia, maka distribusi dan pengelolaan data tersebut juga harus dijaga agar tidak tersebar kepada pihak yang tidak berkepentingan. Sedangkan Integrity (Keaslian), dapat dikaitkan dengan keaslian, akurasi data, data yang dikelola harus dapat dipastikan dikelola oleh pegawai yang berwenang. Aspek Availability (Ketersediaan) adalah menjamin bahwa data yang dibutuhkan tersedia dan dapat diakses pada saat kapanpun dan dimanapun oleh pihak yang berwenang.

Pada Tahun 2019, LPDPP terus melakukan continuous improvement dalam menjaga keamanan informasi menerapkan aspek ini dalam pemeliharaan data. Plt. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Divisi Database “Sejalan dengan tugas dan fungsi Divisi Database yang diamanatkan adalah untuk melakukan pemeliharaan dan pendayagunaan data, maka sangat penting bagi kami untuk dapat menjaga dan menyediakan wadah atau system agar aspek CIA dapat terus terjaga untuk data-data yang  kami kelola, terutama data-data yang bersifat strategis,”.

Dalam menjaga aspek CIA tersebut, Divisi Database telah mengembangkan 3 Sistem Database di lingkungan LPDPP. Ketiga sistem tersebut adalah Sistem Database Cloud (SDC), Sistem Database PostgreSQL (SDP) dan Sistem Database Internal (SDI), untuk saat ini Sistem Database Internal sedang dalam proses penyempurnaan agar dapat lebih user friendly digunakan oleh pegawai LPDPP. Selain itu, salah satu layanan Divisi Database adalah memenuhi permintaan pelayanan data dari internal maupun eksternal LPDPP, Permintaan data internal tersebut setiap tahun terus mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga diperlukan suatu sistem untuk menyediakan data secara lebih cepat dan dapat diakses oleh pihak yang membutuhkan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh pegawai LPDPP dapat aware untuk menggunakan Sistem Database Cloud (SDC) yang telah disediakan oleh LPDPP. SDC merupakan media penyimpanan online yang dapat digunakan juga untuk berbagi file kepada sesama pegawai dan/atau berbagi file kepada pihak eksternal melalui tautan link, dimana untuk menjaga kerahasiaan data tersebut, tautan link tersebut dapat diberikan password dan ditentukan masa kadaluarsanya (expire date), diharapkan dengan menggunakan Sistem Database yang telah tersedia di LPDPP, Aspek CIA dapat terus dijaga terutama terkait Keamanan Informasi pada data dan informasi yang bersifat strategis bagi LPDPP, dan mulai mengurangi penggunaan local storage, seperti flashdisk maupun harddisk.