Direktur Operasi LPDPP Pertahankan ISO SMM 9001:2015

Jakarta (01/10) Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (LPDPP) melalui Unit Kerja Direktur Operasi lanjutkan ISO SMM 9001:2015 usai pelaksanaan Audit Surveillance ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu (SMM) dinyatakan lulus oleh auditor PT. ACM Indonesia (Badan Sertifikasi yang terakreditasi internasional dari UKAS. Kegiatan Audit Surveillance ini merupakan persyaratan untuk mempertahankan sertifikasi SMM ISO 9001:2015 dengan ruang lingkup Unit Kerja Direktur Operasi, yang mencakup Divisi Teknologi Informasi, Divisi Database dan Divisi Pemantauan dan Evaluasi yang telah diperoleh pada tahun 2017.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Operasi LPDPP, Martanto Boedi Joewono dan didampingi oleh Plt. Kepala Divisi Database, Fachri, selaku Wakil Manajemen Unit Kerja Direktur Operasi. Sedangkan dari PT. ACM Indonesia selaku auditor eksternal diwakili Putu Adi. Selain itu, hadir sebagai Auditee dalam kegiatan ini adalah Kepala Divisi Teknologi Informasi, Plt. Kepala Divisi Pemantauan dan Evaluasi, Tim Pelaksana Sistem Manajemen ISO 9001:2015 di Lingkungan Unit Kerja Direktur Operasi LPDPP, serta hadir mendampingi tenaga ahli ISO 9001:2015, Sahroni.
Sebagai salah satu organisasi yang telah memperoleh Sertifikasi ISO 9001:2015, Kegiatan Audit Surveillance merupakan persyaratan yang wajib dilaksanakan pada tahun ke-2 dan ke-3 untuk menilai apakah organisasi masih mengimplementasikan SMM sesuai dengan standards ISO 9001:2015. Sertifikasi ISO 9001:2015 dengan ruang lingkup Unit Kerja Direktur Operasi LPDPP diperoleh pada Tahun 2017 setelah melalui Initial Audit, kemudian pada Tahun 2018 telah diselenggarakan Audit Surveillance ke-1 dan PT. ACM Indonesia telah menerbitkan recommendation letter (surat rekomendasi) yang menyatakan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang diimplementasikan masih sesuai standards ISO 9001:2015.
Kegiatan Audit Surveillance diawali dengan Opening Meeting, kemudian dilanjutkan dengan Audit Surveillance dan diakhiri dengan Closing Meeting. Pada Opening Meeting, Audit menyampaikan dan mengkonfirmasi mengenai ruang lingkup, menyampaikan metode pelaksanaan Audit dan Jadwal Audit. Pelaksanaan Audit Surveillance dimulai dengan sesi Top Manajemen, Divisi Database, Divisi Teknologi Informasi dan Divisi Pemantauan dan Evaluasi. Audit Surveillance ditutup dengan melaksanakan Closing Meeting, pada closing meeting disampaikan mengenai temuan dan rekomendasi Auditor terhadap temuan tersebut.  Diharapkan melalui Implementasi SMM ISO 9001:2015, Unit Kerja Direktur Operasi dapat secara konsisten melakukan continuous improvement guna meningkatkan kualitas SMM di Unit Kerja Direktur Operasi LPDPP.