Menteri Basuki : ASN Kementerian PUPR Harus Tinggalkan Zona Nyaman

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kementerian PUPR harus menjadi bagian dari SDM yang unggul untuk mendukung Visi Indonesia Maju yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada 14 Juli 2019 lalu di Sentul. Terlebih selain SDM unggul, pembangunan infrastruktur juga menjadi visi Indonesia kedepan yang lebih produktif dan berdaya saing.

“HUT RI ke-74 mengangkat tema “SDM Unggul Indonesia Maju”. Terkait itu, kita ingin ASN PUPR menjadi SDM yang unggul, meninggalkan zona nyaman dan terus meningkatkan kapasitas masing-masing serta selalu siap berkompetisi secara positif. Selama ini zona nyamannya adalah memiliki pola pikir apabila sudah menduduki jabatan tertentu maka (jabatan tersebut) tidak akan lepas. Itu yang akan kita tinggalkan. Kalau memang tidak perform pasti akan ada kompetitornya yang siap menggantikan,” jelas Menteri Basuki saat membuka Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di Kantor Kementerian PUPR Jakarta, Senin (5/8/2019).

Menteri Basuki menegaskan pula bahwa untuk mendorong kompetisi sekaligus regenerasi organisasi, ASN Kementerian PUPR kelahiran tahun 1965 hingga 1975 saat ini telah diusulkan oleh para Pejabat Tinggi Madya untuk menjadi Pejabat Tinggi Pratama atau Eselon II.

Menteri Basuki menambahkan dengan amanah yang semakin berat yang harus dilaksanakan Kementerian PUPR juga membutuhkan persatuan, kerjasama, keterbukaan dan keikhlasan. “Karena tanpa persatuan, seringan apapun pekerjaan tidak akan bisa kita kerjakan. Tetapi dengan persatuan, seberat apapun pekerjaan dapat kita laksanakan dengan baik. Kita berada dalam satu kotak yakni kotak PUPR” ujar Menteri Basuki.

Penyelenggaraan Porseni dilaksanakan dari tanggal 7 – 16 Agustus 2019 dengan berbagai lomba olahraga dan seni yakni pertandingan Gateball, Futsal, Basket, Operet, Parade Band, stand up comedy, dan fashion show sebagai ajang untuk menyalurkan bakat ASN Kementerian PUPR serta Darma Wanita Persatuan (DWP).

Usai membuka Porseni, Menteri Basuki didampingi Sekjen PUPR Anita Firmanti, Irjen PUPR Widiarto, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Eko Djoeli Heripoerwanto, Kepala Badan Perencanaan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Hadi Sucahyono, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi Muhammad Fatah dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja membuka pameran foto hasil jepretan Menteri Basuki bertempat di Ruang Serbaguna Gedung Utama Kementerian PUPR Lantai 1.

Pameran bertajuk Asian Games 2018 : Dibalik Lensa Menteri Basuki menampilkan sekitar 60 foto terpilih dari 600 foto karya Menteri Basuki saat pelaksanaan Asian Games 2018 lalu yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Sementara Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja mengatakan, selain itu juga dipamerkan foto-foto infrastruktur kerakyatan serta foto saat kunjungan kerja Menteri Basuki di Lobby Gedung Utama, Lobby Gedung Heritage, juga di Lobby Gedung G. Foto-foto yang dipamerkan melalui proses pemilihan antara lain dari pewarta foto LKBN Antara yang nantinya juga akan di cetak dalam bentuk buku. Pameran berlangsung dari tanggal 7-16 Agustus 2019.(Iwn)