Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

Pameran TIK Turut Disemarakkan PPDPP

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Pameran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Gedung Pendopo Kementerian PUPR. Pameran yang digelar Kamis (17/11) hingga .esok Jumat (17/11) diikuti oleh seluruh unit organisasi yang ada di Kementerian PUPR, termasuk Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP). Pameran ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti

Hadir pada seremoni pembukaan, Kementerian Pemberdayaan dan Aparatur Negara, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Lembaga Sandi Negara, Dirjen Pembiayaan Perumahan, Direktur Layanan dan Direktur Operasional Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan, dan jajaran Pejabat-Pejabat Kementerian PUPR terkait lainnya.

Kepala Pusdatin Kementerian PUPR, Rema Suwenda dalam laporannya, menyampaikan bahwa Pusdatin saat ini telah menangani sekitar 120 aplikasi berbasis web, dan hampir setiap minggu setiap minggu terdapat permintaan server.
Anita Firmanti, selaku Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR dalam sambutan pembukaannya yang mewakili Menteri PUPR menyampaikan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. TIK menjadi salah satu solusi dalam membangun tata kelola pemerintah untuk lebih efektif dan efisien. Perkembangan TIK di Kementerian PUPR saat ini telah ditunjang oleh Peraturan Menteri No 17/PRT/M/2016, sehingga dapat menyelaraskan koordinasi antar seluruh lini organisasi di Kementerian PUPR.

Anita mengingatkan bahwa dalam memanfaatkan TIK pada manajemen PUPR, yang terpenting adalah memberikan batasan-batasan. Menurutnya jika dilakukan secara manual, selama ini prosesnya dapat terlewati dengan baik. Namun jika dengan menggunakan proses elektronik, masih ada kecenderungan orang untuk mencari celah memanfaatkan ketidaktahuan orang lain.

Kementerian PUPR merupakan kementerian yang mengawali pengembangan e-procrement, yang saat ini digawangi oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang akhirnya mengeluarkan sistem Layanan Pengajuan Secara Elektronik (LPSE). Disampaikannya pula, saat ini Kementerian PUPR juga sedang mengembangkan e-monitoring dan mulai diadopsi oleh unit lain, yang bertujuan untuk memantau pelelangan hingga prosesnya secara update. “Mudah-mudahan dengan TIK yang dikembangkan dapat mendukung kinerja Kementerian PUPR. Mengingat tanggungjawab yang diampu sangatlah besar. Pusdatin berusaha untuk dapat mendukung segala program yang ada di Kementerian PUPR” ujarnya.

Saat ini Kementerian PUPR telah memiliki segudang prestasi di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, diantaranya seperti Peringkat 5 besar dalam penerapan e-goverment Kementerian Komunikasi dan Informatika; e-procrement award yang diselenggarakan oleh Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (LKPT); Juara I Bhumandala award, Kategori Lima Sampul Jaringan Terbaik, yang diselenggarakan oleh Badan informasi Geopasial Tahun 2016; dan prestasi lainnya.

Dalam pameran ini, PPDPP menampilkan teknologi yang telah diterapkan oleh PPDPP dalam mengelola dana fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), yaitu e-FLPP yang sudah diluncurkan sejak 3 Agustus lalu oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Dalam perkembangannya, PPDPP telah mengembangkan IT lainnya dalam meningkatkan pelayanan, seperti dashboard, website, e-bulletin, e-monitoring, dan inovasi lainnya. (Sgt)