Pelatihan Service Excellence di BLU LPDPP

Pelatihan Service Excellence untuk Para Pegawai di lingkungan Badan Layanan Umum Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU LPDPP) dilaksanakan dalam 2 batch pada hari Rabu dan Kamis, 28-29 Agustus 2019 di Jakarta. Pelatihan dibuka oleh Ir. Monhilal, Dipl.SE selaku Direktur Umum dan Hukum LPDPP dan Laporan Pelaksanaan Pelatihan disampaikan oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM. Adapun peserta pelatihan terdiri dari Kepala Divisi, Plt.Kepala Divisi dan para pegawai dari semua Unit Kerja di LPDPP. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk tindak lanjut dari rekomendasi hasil survey kepuasan masyarakat tahun 2018 dan sejalan dengan amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Pelatihan Service Excellence bekerjasama dengan Kubik Leadership dengan Trainer pelatihan yaitu Agni S. Mayangsari. Pelatihan Service Excellence bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelayanan Pegawai LPDPP agar meningkat menjadi Pelayanan Prima kepada Stakeholders terutama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Modul pelatihan Service Excellence yang dijelaskan antara lain terdiri dari Industri 4.0 dan tantangannya terhadap dunia pelayanan, Effective Communication, Problem Solving and Decision Making, Handling Complaint, dan Nilai-nilai Integritas, Professional, Orientasi misi, Visioner, Etika Akhlakul Karimah, Bersinergi. Menurut Agni S. Mayangsari, hakikat service (pelayanan) adalah mempermudah sesuai dengan HR. Muslim yaitu “barang siapa yang mempermudah kesulitan orang lain, maka Allah ta’ala akan mempermudah urusannya di dunia dan akhirat,”.

Terkait Materi-materi pelatihan yang dijelaskan oleh Agni S. Mayangsari meliputi; Menumbuhkan rasa empati sehingga dapat merasakan apa yang di rasakan oleh orang lain, perbedaan pelayanan zaman dahulu dan zaman sekarang di Era Revolusi Industry 4.0, pemahaman Prinsip Service Excellence yaitu Altruistic; Getting Pleasure by Giving Pleasure (beri kebahagiaan, dapat kebahagiaan). Lanjutnya,  Agni S. Mayangsari menjelaskan ada dua langkah Service Excellence, yaitu Sentuh Hati dan Jaga Hati. Memahami sentuh hati dengan Appearance, Communication and Action. Untuk memahami dan mempelajari Communication Skill lewat visual; tatapan wajah, ekspresi wajah, gerak tangan dan gerak tubuh; sedangkan lewat Vocal; Volume, Intonasi, Tempo dan Jeda,  dan Verbal. Materi Jaga Hati meliputi Manage Mind, Manage Energy dan Manage Heart. Memahami 5 langka Complaint Handing yaitu Heart Out, Empathy, Apologize, Resolve dan Thank.

Pelatihan Service Excellence di BLU LPDPP ini juga diselenggarakan dalam rangka internalisasi Budaya Organisasi, nilai-nilai Integritas, Profesional, Orientasi Misi, Visioner dan Etika-Akhalaqul Karimah (i-Prove) serta internalisasi nilai-nilai BLU PROMISE yaitu Profesional, Melayani dan Bersinergi.

Pelatihan Service Excellence diselenggarakan oleh BLU LPDPP sekaligus dalam rangka mendukung tema memperingati HUT RI ke-74 yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju. Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi SDM di BLU LPDPP merupakan salah satu bentuk upaya untuk membentuk SDM yang unggul, semakin professional dan berdaya saing tinggi.