Pembahasan Organisasi dan Tata Laksana BLU PPDPP

Pembahasan Organisasi dan tata laksana dilaksanakan pada hari selasa tanggal 23 April 2019 di ruang bromo lantai 2 kantor PPDPP. Hadir sebagai Narasumber adalah Asep Arofah selaku Kepala Biro Kepegawaian Organisasi dan Tata Laksana, Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR. Rapat tersebut dipimpin oleh Budi Hartono selaku Direktur Utama PPDPP dan dihadiri oleh Direktur Layanan, Direktur Keuangan dan Direktur Umum dan Hukum, perwakilan Sekretariat Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan, Perwakilan Biro Hukum Kementerian PUPR dan perwakilan Pegawai di lingkungan BLU PPDPP.

Dalam pembahasan tersebut, Kepala Biro Kepegawaian Organisasi dan Tata Laksana, Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR menyampaikan bahwa Nomenklatur BLU PPDPP diubah menjadi LPDPP yang merupakan singkatan dari Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan. Perubahan Nomenklatur BLU PPDPP menjadi LPDPP dilakukan dengan mempertimbangkan Benchmarking Nomenklatur BLU rumpun pengelola dana pada umumnya. BLU PPDPP merupakan Unit Organisasi non eselon di lingkungan Kementerian PUPR yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri PUPR melalui koordinasi program dengan Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan.

Rapat tersebut juga membahas wacana dan ide-ide terkait pengembangan organisasi BLU PPDPP kedepan pasca Bp Tapera beroperasi penuh, konsep umum penggabungan PPDPP ke dalam Tapera dan potensi Program KPBU Perumahan. Perwakilan Biro Hukum Kementerian PUPR menjelaskan dalam waktu dekat peraturan Menteri PUPR tentang Organisasi dan Tata Kerja LPDPP akan di publikasikan di JDIH. Dalam peraturan Menteri tersebut diatur masa transisi, sehingga BLU PPDPP dapat tetap menjalankan tugas-tugas sebagaimana biasa.