Pembahasan Progress Reviu Analisa Jabatan dan Penyusunan Uraian Jabatan di lingkungan PPDPP

Rapat Pembahasan Progres Reviu Analisa Jabatan dan Penyusunan Uraian Jabatan dilaksanakan pada hari Kamis 18 Juli 2019 pukul 16.30 WIB di Lantai 2 Ruang Rapat Bromo Kantor PPDPP. Rapat dipimpin oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM dan dihadiri oleh Para Kepala Divisi, Plt. Kepala Divisi, dan Perwakilan Pegawai di lingkungan PPDPP.

Turut mengundang Narasumber, Ni Made Sudaryani, yang merupakan Tenaga Ahli terkait Analisa Jabatan dan Penyusunan Uraian Jabatan. Rapat dilaksanakan dalam rangka Pembaharuan Uraian Jabatan di Lingkungan PPDPP sebagai salah satu bentuk continous Improvement dalam pengembangan organisasi BLU PPDPP yang berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 04/PRT/M/2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan.

Hal-hal yang menjadi perhatian dalam pembaharuan Uraian Jabatan diantaranya yaitu penyempurnaan perumusan tugas-tugas yang ideal dan IKU yang proporsional pada tiap-tiap Jabatan dengan melakukan analisis Jabatan. Analisis Jabatan merupakan proses sistematis yang digunakan untuk mengidentifikasi tugas dan tanggung jawab serta persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemangku jabatan serta kepentingan relatif lainnya dari pekerjaan tersebut, melalui pendekatan pengumpulan data dan informasi jabatan.

Reviu Analisa Jabatan dilakukan berdasarkan proses bisnis, yang tercantum dalam tabel Supplier, Input, Proses, Output, Customer, dan Outcome (SIPOCO), yang telah disusun oleh tiap-tiap Unit dan Divisi. Proses Revisi/Pembaharuan Uraian Jabatan, memanfaatkan Database Cloud sebagai bentuk dari sinergi antar divisi, mengoptimalkan aplikasi-aplikasi yang telah di kembangkan di BLU PPDPP dan sebagai wujud dari optimalisasi modernisasi BLU.

Proses ini dilakukan dengan memperhatikan Pedoman Analisa Jabatan sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Negera Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: 33 Tahun 2011 tentang Pedoman Analisis Jabatan dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 12 tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Analisis Jabatan. Ditargetkan proses Reviu Analisa Jabatan dan Pembaharuan Uraian Jabatan selesai pada Agustus 2019. Diharapkan dengan hasil Reviu tersebut, tata kelola SDM di lingkungan BLU PPDPP dapat berkembang menjadi lebih /semakin profesional, terutama yang berkaitan langsung dengan Manajemen Kinerja, Manajemen Karir, Seleksi dan Rekrutmen.