SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

Pembangunan Program Satu Juta Rumah Capai 896.231 Unit

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menyatakan bahwa pembangunan hunian dalam Program Satu Juta Rumah pada tahun 2017 lalu mencapai angka 896.231 unit. Kementerian PUPR tetap optimis target satu juta unit rumah pada tahun ini bisa tercapai mengingat banyaknya kemudahan perijinan serta dukungan pemangku kepentingan perumahan untuk mensukseskan program strategis nasional tersebut.

“Berdasarkan data yang kami terima angka pembangunan Program Satu Juta Rumah telah mencapai angka 896.231 unit rumah,”ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid kepada sejumlah wartawan di sela-sela peninjauan lapangan ke Rusun Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta, Selasa (2/1/2018).

Khalawi menjelaskan, dari jumlah capaian tersebut sekitar 70 persen merupakan hunian yang diperuntkkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sedangkan sisanya sebanyak 30 persen adalah hunian bagi non MBR.

“Angka ini masih bisa bertambah mengingat masih ada sejumlah data yang belum masuk ke kami. Kami optimis angkanya bisa lebih dari angka tersebut,”tandasnya.

Berdasarkan data yang ada, capaian program satu juta rumah terus bertambah setiap tahunnya. Pada tahun 2015 jumlahnya sekitar 699.000 unit, 2016 sebanyak 805.169 unit dan pada tahun 2017 jumlahnya sudah melebihi capaian tahun 2016.

“Kami optimis tahun ini angka satu juta unit yang menjadi target Program Satu Juta Rumah bisa tercapai,”tandasnya. (Ristyan/ Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan perumahan Kementerian PUPR)