SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

Pemda, Bank, Pengembang dan Pemerintah Pusat Bersinergi Dukung Program Sejuta Rumah

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) kembali mengepakkan sayapnya melakukan sosialisasi program melalui pameran. Kali ini PPDPP hadir di kota Palu, yang merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. Kota ini berbatasan dengan Kabupaten Donggala di sebelah barat dan Utara, Kabupaten Sigi di sebelah selatan, dan Kabupaten Parigi Moutong di sebelah timur. Kota Palu merupakan kota lima dimensi yang terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk. Koordinatnya adalah 0,35 – 1,20 LU dan 120 – 122,90 BT. Kota Palu dilewati oleh garis Khatulistiwa. Penduduk Kota Palu berjumlah 342.754 jiwa (2012).

Pameran Perumahan yang digelar untuk keempat kalinya oleh Bank BTN ini diadakan di Atrium Palu Grand Mall. Event ini dihadiri oleh 47  pengembang dengan lebih dari 55 proyek pilihan yang berasal dari Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Indarto menyampaikan bahwa event ini merupakan sarana paling tepat dalam menawarkan produk perumahan layak huni “Pimpinan daerah bersama instansi terkait baik di kabupaten maupun kota kiranya memberikan layanan optimal kepada seluruh pengembang, khususnya terkait perizinan proyek dan legalitas usahanya sehingga pengembang dapat segera membangun rumah dan masyarakat dapat menempatinya” sambungnya.

Otoritas Jasa Keuangan Sulawesi Tengah melalui perwakilannya, Satria Fabrino memberikan apresiasi yg tinggi kepada provinsi ini karena tingkat pertumbuhan ekonominya yang termasuk tinggi saat ini. Berdasarkan data resmi yang dirilis Bank Indonesia akhir Agustus 2015 menyebutkan, perekonomian Sulawesi Tengah pada triwulan pertama tahun ini mampu mencapai pertumbuhan dua digit, yakni sebesar 17,76 persen year on year. “Kondisi ini tentu saja memberikan potensi non perbankan untuk berpartisipasi dalam pasar modal pembiayaan perumahan” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Layanan PPDPP, Diah Tjahyani Saraswati juga mengharapkan masyarakat kota Palu dapat lebih mengenal program Sejuta Rumah dari pemerintah melalui stand PPDPP yang hadir di tengah-tengah pameran. Saraswati memberikan apresiasi terhadap pemerintah setempat atas dukungannya terhadap program pemerintah Sejuta Rumah. “Dengan adanya program ini, diharapkan adanya dukungan perizinan dalam pengembangan perumahan dan ini diperlukan sinergisitas yang kuat, ” ujarnya.

Turut hadir dalam pembukaan Tri Indarto, selaku Branch Manager Bank BTN yang menyampaikan bahwa dalam mensukseskan program Sejuta Rumah ini diharapkan para pengembang juga dapat mendukung penghijauan lingkungan. Sementara itu Sekjen DPP REI, Hari Rahata dalam sambutannya memohon kepada Pemda setempat untuk membantu para pengembang dan perbankan mensukseskan program Sejutah Rumah yang dicanangkan oleh pemerintah ini, dan meminta kepada masyarakat Palu untuk memanfaatkan event yang ada untuk memilih rumah yang diinginkan.

PPDPP akan terus gencar melaksanakan program sosialisasi melalui berbagai cara, disamping melalui media mass, dan pameran sebagai salah satu kegiatan yang efektif untuk menyampaikan informasi Program Sejuta Rumah kepada seluruh masyarakat Indonesia. (Sigit)