Pemkab Banggai Terapkan PTSP Dalam Mendukung Program Perumahan Bersubsidi

PPDPP selenggarakan forum sosialisasi Percepatan Program KPR Sejahtera FLPP bagi ASN dan Non-ASN di Pemerintah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Acara yang diselenggarakan oleh Divisi Kerjasama unit kerja Direktur Layanan pada tanggal 27 Maret 2018 ini bertempat di Ruang Rapat Umum, Kantor Bupati Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Banggai, Herwin Yatim yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai yang kemudian sekaligus memimpin forum tersebut.

Dalam sambutannya, Herwin Yatim sampaikan bahwa saat ini terdapat 8.040 Pegawai Negeri Sipil di Kota Banggai, dan terdapat backlog perumahan bagi aparatur Sipil Negara sebanyak 1.500 orang. “Terdapat potensi MBR yang cukup menjanjikan selain ASN yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Luwuk” ujarnya.

Selain itu Herwin Yatim juga sampaikan bahwa pemerintah daerah telah menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk mempermudah pelayanan perizinan infrastruktur bagi perumahan bersubsidi. Bagi ASN, Pemda juga akan melakukan inventarisir rumah bagi ASN, antara lain melihat potensinya, penggolongan ASN bagi yang berminat, mencari lahan dan pengembang, hingga pada penunjukkan kerjasama dengan bank pelaksana yang telah bekerjasama dengan PPDPP.

Melalui Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran PPDPP adalah untuk menangani masalah yang telah terjadi di tengah masyarakat , antara lain seperti masalah pembiayaan, urbanisasi yang semakin tinggi, pertumbuhan penduduk yang tinggi, harga lahan yang meningkat, perizinan yang rumit, dan rendahnya kualitas rumah.

Antusiasme ASN dan Non-ASN Pemerintah Kabupaten Luwuk terkait pembiayaan perumahan bersubsidi melalui FLPP cukup besar. Hal tersebut juga didukung dengan turut hadirnya para pejabat daerah setempat mendampingi Bupati Kabupaten Banggai, seperti: Assisten Administrasi Pengembangan Ekonomi Kabupaten Banggai; Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Banggai; Kepala Bagian Infrastruktur Dinas Perkim Kabupaten Banggai; Kepala Dinas PTSP Kabupaten Banggai. Selain itu, kegiatan ini juga didukung dengan kehadiran bank pelaksana penyalur KPR Sejahtera FLPP, diantaranya Perwakilan Kantor Cabang Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Mandiri Syariah, Bank Sulteng, dan juga Bank BTN yang saat ini menjadi bank penyalur Subsidi Selisih Bunga.