Peningkatan Kompetensi SDM LPDPP melalui Pelatihan Manajemen SDM III

Pelatihan Manajemen SDM III dilaksanakan pada hari senin dan selasa, 19-20 Agustus 2019 di kantor LPDPP. Pelatihan dibuka oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM, sedangkan peserta pelatihan terdiri dari seluruh staf SDM dan pegawai dari perwakilan unit kerja di lingkungan LPDPP. Pelatihan Manajemen SDM III bekerjasama dengan Sbux Consulting dengan trainer pelatihan, Priagung Rahsilaputra. Pelatihan Manajemen SDM III merupakan rangkaian Pelatihan Manajemen SDM yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas Pegawai khususnya di Divisi SDM.

Modul pelatihan Manajemen SDM III yang di jelaskan terdiri dari pembahasan Analisa Beban Kerja (ABK) dan Man power Planning (MPP), Manajemen Karir serta Proses Bisnis dan SOP. Metode yang digunakan dalam pelatihan yaitu menggunakan pembelajaran klasikal tatap muka (lecturer), kuis, role play, diskusi, evaluasi per modul pelatihan, dan menggunakan video sebagai alat bantu pembelajaran.

Materi-materi pelatihan yang dijelaskan oleh Priagung Rahsilaputra meliputi; ABK dan MPP dengan pembahasannya yaitu pentingnya ABK bagi perusahaan, Variabel dan asumsi, Proses wawancara dan teknik melakukan ABK, implikasi ABK kepada struktur organisasi dan implikasi ABK kepada man power planning. Materi yang selanjutnya yaitu Manajemen karir dengan membahas karir dari perspektif obyektif dan subyektif, manajemen karir untuk kepentingan individu dan organisasi, tanggung jawab Pegawai, atasan dan organisasi dalam mengembangkan karir karyawan, latar belakang pemilihan jenjang karir, contoh jalur karir dan jenis-jenis pengembangan karir. Materi terakhir yaitu Proses Bisnis dan SOP, pembahasannya terdiri dari Definisi dan prinsip peta proses bisnis, tujuan dan manfaat peta proses bisnis, 4 tahap penyusunan peta proses bisnis, contoh-contoh proses map ISO 9001, form dan cara menulis SOP, Conscious dan sub conscious (sadar dan bawah sadar), dan mengenal prinsip perubahan unconscious incompetent sampai dengan unconscious competent.

Manfaat Pelatihan bagi Peserta yaitu peserta diharapkan mampu; menjelaskan bagaimana melakukan Analisis Beban Kerja (Work Load Analysis); dapat menghitung volume pekerjaan atau beban kerja untuk menentukan jumlah SDM yang harus dialokasikan untuk membuat perencanaan jangka panjang (strategi) di bidang SDM; dan dapat memahami implikasi dari hasil analisis beban kerja. Kemudian peserta diharapkan mampu; menyelaraskan program pengembangan karir individu dan organisasi; mengerti tanggung jawab atasan, organisasi, dan Pegawai dalam pengembangan karir; dan mengenal berbagai bentuk jalur karir (career path). Peserta diharapkan mampu; menjelaskan peta proses bisnis dan SOP; melakukan tahapan penyusunan peta proses bisnis dan SOP; melakukan tahapan penyusunan peta proses bisnis dan SOP dengan benar; dan menulis SOP dengan baik.

Pelatihan Manajemen SDM III diselenggarakan oleh BLU LPDPP sekaligus dalam rangka mendukung tema memperingati HUT RI ke-74 yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju. Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi SDM  di BLU LPDPP merupakan salah satu bentuk upaya untuk membentuk SDM yang unggul, semakin professional dan berdaya saing tinggi.