SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

Peran PPDPP Dalam Menyukseskan Program Sejuta Rumah

Televisi Republik Indonesia (TVRI) kembali mengundang Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) untuk hadir dalam dialog interaktif Semangat Pagi Indonesia yang ditayangkan Selasa (20/9) pagi pkl. 08.00 WIB.

Tema yang diusung adalah mengenai Peranan PPDPP dalam menyukseskan Program Sejuta Rumah yang menjadi salah satu program utama pemerintah periode ini. Pusat PPDPP menjadi narasumber utama untuk memberi informasi lebih lengkap mengenai perkembangan program tersebut dari segi penyaluran pembiayaan perumahan, atau yang lebih sering disebut program KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono sebagai narasumber tunggal yang dipandu oleh dua host. Melalui dialog yang berdurasi 15 menit Direktur Utama PPDPP menyampaikan bahwa angka backlog saat ini telah menurun, yang sebelumnya pada tahun 2010 berjumlah 13,5 juta, saat ini menurun menjadi 11,4 juta. Sehingga realisasi program Sejuta Rumah makin menunjukkan perkembangan.

Mendekati akhir tahun yang tinggal beberapa bulan mendatang, pemerintah terus berupaya menggenjot Program Sejuta Rumah agar dapat segera terealisasi sesuai dengan target. PPDPP yakin bahwa program ini dapat segera terwujud sesuai dengan harapan pemerintah, agar seluruh masyarakat Indonesia memiliki hunian yang layak. “Semua bersumber dari rumah, pendidikan hingga pengembangan karakter bangsa sangat dipengaruhi dari tempat yang kita huni” ujar Budi Hartono.

Berdasarkan kinerja capaian penyaluran dana FLPP yang dikelola oleh PPDPP tahun 2016 sampai dengan bulan Juli 2016 sejumlah 32.716 unit atau telah mencapai 34,11% dari target sejumlah 95.900 unit dan dengan nilai FLPP sebesar Rp 3,184 triliun atau mencapai 31,44% dari anggaran sebesar Rp10,127 triliun. Sedangkan secara total penyaluran dana FLPP dari tahun 2010 sampai dengan bulan Juli tahun 2016 adalah sebanyak 470.312 unit dengan nilai FLPP sebesar Rp 25,776 Triliun. (Sigit)