Peringatan Hari Ibu Ke 89, Perempuan Berdaya Indonesia Jaya

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-89 di Lapangan Sapta Taruna Kementerian PUPR dengan mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”, Jum’at (22/12/17).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Lana Winayanti dengan Komandan Upacara Sekretaris Ditjen Pembiayaan Perumahan Irma Yanti. Upacara diikuti oleh pegawai Kementerian PUPR dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian PUPR.

Dalam upacara tersebut dibacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang menyampaikan, bahwa Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Peringatan Hari Ibu juga menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia, telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki.

Momentum Hari Ibu juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua, tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan.

Generasi penerus bangsa agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan dan mengisi pembangunan, dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.

Perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama, sebagai sumber daya pembangunan sebagaimana target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan jangka panjang maupun tujuan pembangunan berkelanjutan sampai tahun 2030.

Hal ini didasari oleh situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang saat ini sedang menghadapi situasi yang disebut oleh Kepala Negara “darurat” kekerasan terhadap perempuan dan anak. Dengan bekerjasama, bergotong royong, saling membantu, bahu membahu, akan mencapai hasil yang lebih baik.

Pada akhir sambutan disampaikan bahwa, semua perempuan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya, sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa. (Dms)