SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

PPDPP adakan Diskusi dengan seluruh Stake Holder dan Pemerintah Daerah di Kabupaten Sidoarjo

13 November 2018, Sidoarjo – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PPDPP Kementerian PUPR) melalui Direktur Layanan PPDPP adakan pertemuan dengan seluruh Pemangku Kepentingan Program Sejuta Rumah dengan tema Percepatan Penyaluran Dana KPR Sejahtera FLPP di Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini terlaksana atas antara kerjasama PPDPP dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo yang diselenggarakan di Pendopo Kantor Bupati Kabupaten Sidoarjo, Jl. Jenggolo No. 44A, Gajah Timur, Pucang, Kecamatan Sidoarjo, Jawa Timur.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sidoarjo, Saifullah; Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono yang didampingi oleh Direktur Layanan PPDPP, Bimo Adi Nursanthyasto; dan Direktur Keuangan PPDPP, Arief Rahman Hakim. Hadir pula Kasubdit Pola Pembiayaan Rumah Umum Kementerian PUPR, Samson Sibarani; Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan PT. SMF, Heliantopo. Adapun dari Bank Pelaksana diantaranya yang hadir yaitu Bank BRI, Bank BRI Syari’ah, Bank BNI, Bank Artha Graha, Bank Jatim, Bank Jatim Syari’ah, Bank BTN, dan Bank Mandiri; selain itu hadir pula Ketua DPD Asosiasi REI, APERSI, dan APERNAS, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Sidoarjo, Saifullah yang sekaligus memberikan sambutan. Dalam sambutannya ia menyampaikan pertumbuhan penduduk  di Kabupaten Sidoarjo sangat pesat, rata-rata pertumbuhan penduduknya kurang lebih 7% per tahun. Pada tahun 2018 jumlah penduduk di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 1.940.450 jiwa dan selisih penyediaan perumahan dan Permintaan kebutuhan rumah masyarakat Kabupaten Sidoarjo sebanyak 101. 712 unit rumah.

Kebijakan Peraturan Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo mewajibkan ukuran lahan yang dapat dibangun perumahan minimal seluas 72 m2. Hal ini disampaikan oleh Saifullah saat memberikan sambutannya “Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendukung Program Pemerintah Pusat tentang Program KPR Sejahtera FLPP dengan menetapkan kebijakan minimal luas lahan untuk membangun rumah bagi MBR adalah 72 m2.” Ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono dalam paparannya juga menyampaikan bahwa Backlog Perumahan di Indonesia tahun 2010-2016 adalah sebanyak 11,6 Juta. Selain itu Budi juga menjelaskan syarat, ketentuan, kelebihan dan fitur dari Program KPR Sejahtera FLPP yang telah berjalan selama ini. “Program KPR Sejahtera FLPP ini memiliki fitur yang sangat menarik bagi Masyarakat, Khususnya bagi MBR. Dengan uang muka ringan, suku bunga tetap 5%, tenor yang panjang, angsuran murah, bebas premi asuransi, bebas PPN, dan harga ditentukan oleh Pemerintah.” Ujarnya.

Agenda kegiatan ini juga diisi dengan Focus Group Discussion dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PPDPP dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo yang ditandatangani masing-masing pihak oleh Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono dan Bupati Sidoarjo, Saifullah.