PPDPP Adakan Pelatihan Barang dan Jasa

BLU PPDPP telah mengadakan Pelatihan Barang dan Jasa dengan berbasis sistem Blended Learning. Dalam mengadakan Pelatihan Barang dan Jasa, PPDPP bekerja sama dengan LPKN Training & Consulting. Adapun jadwal pelaksanaan pelatihan terbagi menjadi dua tahap, yaitu secara online dan tatap muka. Pembelajaran dimulai dari tanggal 1 Juli s/d 9 Juli 2019 secara e-learning (Class Online), yang kemudian dilanjutkan secara Klasikal (tatap muka) ada tanggal 10 Juli s/d 11 Juli 2019, dan berakhir pada Ujian Sertifikasi di tanggal 12 Juli 2019 yang dipimpin dan diawasi oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Pelatihan dibuka oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM dan dihadiri oleh Peserta Pelatihan yang terdiri dari Perwakilan Unit Kerja yaitu Kepala Divisi, Plt. Kepala Divisi, dan Perwakilan Pegawai di lingkungan PPDPP sebanyak 30 orang. Narasumber yang mengisi pelatihan secara tatap muka di hari pertama yaitu Suharti, M.Si yang merupakan Kepala Pusdiklat PBJ LKPP, yang disambung oleh narasumber kedua, Arief Rachman S.T.,M.T.,M.M, Kepala Bidang Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan LKPP. Sedangkan di hari kedua pelatihan diisi oleh narasumber Ir. Sudarisman yang merupakan Ahli Pengadaan dari Kementerian PUPR.

Pelatihan PBJ dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi Pegawai, khususnya dalam konteks Pengadan Barang/Jasa. Materi yang disampaikan dalam pelatihan merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang mencakup Ketentuan umum, Tujuan kebijakan, prinsip dan etika PBJ, Pelaku pengadaan barang/jasa, Pengadaan barang/jasa secara elektronik, SDM pengadaan dan kelembagaan, pengawasan, pengaduan, sanksi, dan pelayanan umum. Dalam Pelatihan, Para Peserta dilatih untuk memahami Perencanaan Pengadaan, Persiapan pengadaan barang/jasa (PBJ), Melaksanakan PBJ melalui swakelola, Pelaksanaan PBJ melalui Penyedia, Pengadaan khusus.

Para Peserta Pelatihan diharapkan nantinya dapat diusulkan menjadi anggota POKJA Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan BLU LPDPP. Selain itu, Para Peserta juga diharapkan nantinya dapat diusulkan untuk menjadi anggota Tim Penyusunan Rancangan Direktur Utama terkait Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan BLU PPDPP seperti yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pasal 61 ayat 2 yang berbunyi “Pengadaan Barang/Jasa pada Badan Layanan Umum diatur tersendiri dengan peraturan Pimpinan Badan Layanan Umum”.