SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

Pengelolaan Data MBR FLPP Tahun 2018 untuk Pengembangan Data PPDPP

Jakarta, 28 Februari 2018 – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Kementerian PUPR, melalui Divisi Database Unit Kerja Direktur Operasi menggelar pembahasan mengenai Pengelolaan Data MBR FLPP Tahun 2018. Acara yang dikemas melalui Bimtek ini menghadirkan Dicky Rahardiantoro sebagai narasumber, yang merupakan Ahli Statistik dan telah mendampingi PPDPP dalam membangun Data Potensi MBR FLPP sejak tahun 2016, dan dimoderatori oleh Koordinator Divisi Database, Muhammad Nauval Al Ammari.

 

Acara tersebut dibuka oleh Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono, sekaligus memberikan arahan sebelum memulai kegiatan bimtek. Pada rangkaian acaranya, pengantar teknis mengenai bimtek ini disampaikan oleh Direktur Operasi PPDPP, Nostra Tarigan. Selain itu pada pertemuan tersebut hadir pula Direktur Umum dan Hukum, Monhilal, perwakilan dari Pusat Data dan Informasi PUPR, perwakilan dari Ditjen. Pembiayaan Perumahan, Divisi Database, dan Perwakilan dari setiap Unit Kerja PPDPP.

 

Pembahasan Teknis terkait Pengelolaan Data MBR FLPP ini diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan salah satu Tugas dan Fungsi Divisi Database yaitu pendayagunaan database PPDPP. Kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari hasil kajian Pengembangan Data MBR Berbasis Wilayah yang telah dilaksanakan pada Tahun 2017. Dalam Kajian tersebut, telah dirumuskan Kriteria Penghasilan MBR FLPP dan Data Jumlah Potensi MBR FLPP Per Provinsi di Seluruh Indonesia.

 

Dalam Perumusan Kriteria Penghasilan MBR FLPP dan perhitungan jumlah potensi MBR FLPP menggunakan data yang bersumber dari antara lain Data Susenas Kor 2016 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik, Data Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Per Provinsi dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Data Debitur/Nasabah FLPP. Metode yang digunakan dalam Analisa data adalah antara lain Metode Cluster Analysis dan Analysis of Variance (ANOVA).

 

Pertemuan tersebut sekaligus menjadi momen untuk transfer knowledge dari Ahli Statistik kepada Divisi Database dan momen untuk sharing knowledge dari PPDPP kepada Ditjen. Pembiayaan Perumahan dan Pusdatin Kementerian PUPR. Diharapkan metode perumusan kriteria MBR FLPP dan Data Jumlah Potensi MBR FLPP dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam perumusan kebijakan program FLPP ke depan. Menurut jadwal, kegiatan bimbingan teknis ini akan berlangsung 3 hari ke depan hingga 2 Maret 2018.