Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

PPDPP Lulus Audit Sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2013 SMKI

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah diaudit oleh Badan Sertifikasi dalam rangka memperoleh Sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2013. Audit Sertifikasi ini diawali dengan Opening Meeting yang dibuka oleh Budi Hartono selaku Direktur Utama dan Nostra Tarigan selaku Direktur Operasi yang merupakan Top Management SMKI. Kemudian, Muhammad Nauval selaku Wakil Management SMKI menyampaikan Laporan mengenai Persiapan dan Penerapan SMKI di lingkungan PPDPP. Opening Meeting dihadiri oleh Ismail selaku Kepala Satuan Pemeriksaan Intern (SPI), Tim Persiapan dan Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) PPDPP, Natalia Evianti selaku Lead Auditor dan Sherly selaku Observer dari Badan Sertifikasi The British Standards Institution (BSI) Group Indonesia. Dalam proses Persiapan, Penerapan, dan Audit SMKI, PPDPP didampingi oleh Tim PT. Riset Teknologi Indonesia (RTI). Audit Sertifikasi ini dilaksanakan dalam 2 Stage, yaitu Stage 1 yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2017 dan dilanjutkan dengan Stage 2 pada tanggal 20-21 November 2017. Ruang Lingkup Implementasi SMKI di lingkungan PPDPP difokuskan pada Fisik Data Center.

SNI ISO/IEC 27001:2013 SMKI menitikberatkan pada keamanan Data dan Informasi yang mencakup 3 aspek yaitu Confidentiality (Kerahasiaan), Integrity (Keutuhan) dan Availability (Ketersediaan). Dalam rangka implementasi SMKI, PPDPP telah membentuk Tim Persiapan dan Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO 27001:2013 Pada Sistem Database dan Teknologi Informasi PPDPP berdasarkan Keputusan Direktur Utama Nomor 30 Tahun 2017 tanggal 24 Maret 2017. Kemudian, PPDPP telah menyusun dan mengimplementasikan beberapa regulasi, yang diantaranya mencakup Kebijakan, 4 Standardisasi dan 9 Prosedur. PPDPP juga telah melakukan Gap Analysis dan Penetration Test. Selain itu, PPDPP telah menyelenggarakan beberapa kegiatan, antara lain yaitu: Pelatihan Audit Internal SMKI yang dihadiri oleh Divisi Database, Divisi Teknologi Informasi, Perwakilan Satuan Pengawasan Internal (SPI) dan Perwakilan Divisi Pemantauan dan Evaluasi. Dalam rangka meningkatkan awareness Keamanan Informasi, PPDPP telah melaksanakan Pelatihan Information Security Awareness untuk seluruh Perwakilan Unit Kerja PPDPP. Selain itu, PPDPP juga telah melaksanakan sosialisasi, dan telah diterbitkan Surat Edaran Direktur Utama Nomor 45 Tahun 2017 untuk mensosialisasikan Kebijakan, Standardisasi, Prosedur Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Ruang Lingkup Audit Stage 1 difokuskan pada Audit Dokumen. Sementara Ruang Lingkup Audit Stage 2 mencakup Audit dokumen dan pengecekan fisik yang meliputi Ruang Server, Area Kerja Divisi Teknologi Informasi dan Divisi Database dan area Genset. Audit Sertifikasi SMKI ditutup dengan Closing Meeting yang dihadiri oleh Direktur Operasi yang merupakan Top Management SMKI PPDPP dan didampingi oleh Wakil Manajemen. Closing Meeting juga dihadiri oleh Tim Persiapan dan Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO 27001:2013 PPDPP, dan Koordinator Divisi Humas PPDPP. Pada Closing Meeting, Lead Auditor memaparkan hasil temuan berdasarkan clausul dan Annex ISO 27001:2013. Di Akhir Pertemuan, Lead Auditor menyampaikan bahwa “Berdasarkan proses Audit Sistem Manajemen Keamanan Informasi yang telah dilaksanakan dalam 2 Stage selama 3 hari, PPDPP direkomendasikan untuk memperoleh Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO 27001:2013”.