Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

PPDPP Kembangkan Sistem e-FLPP

Salah satu ketentuan dalam Perjanjian Kerjasama Operasional (PKO) antara Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP)  dan Bank Pelaksana, disebutkan bahwa “PARA PIHAK wajib mengembangkan sistem teknologi informasi yang akan menunjang kelancaran pelaksanaan PKO antara lain mengenai ketepatan pengembalian kewajiban PIHAK KEDUA kepada PIHAK PERTAMA sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku”. Berdasarkan hal ini maka PPDPP terus berusaha untuk mengembangkan sistem informasi agar bisa memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat dan mitra kerja lainnya. Maka PPDPP melalui Direktur Operasi melaksanakan Rapat Pembahasan Pengembangan Teknologi Informasi di Banten berlangsung selama dua hari (28 – 29/4) dengan menghadirkan 10 Bank pelaksana. Yaitu, BTN, BTN Syariah, BRI, BRI Syariah, Bank Artha Graha, Bukopin, Bank Mandiri Syariah, Bank Mandiri dan BJB.

Budi Hartono, Direktur Utama PPDPP dalam sambutan pembukaannya Kamis (28/4) mengatakan bahwa PPDPP akan terus mengembangkan dan menyempurnakan sistem informasi yang ada sehingga diharapkan tahun 2016 ini semua akan terimplementasi dengan baik. “Di dalam PKO ada khausul yang mengatakan bahwa wajib untuk kedua belah pihak untuk mengembangkan sistem IT demi mempermudah transaksi dalam menyalurkan FLPP. Untuk itu dengan e-FLPP yang sedang dikembangkan PPDPP,  kami sangat mengharapkan saran dan juga sumbangan pemikiran dari para perbankan,” ujarnya mempertegas.

Sistem e-FLPP adalah bagian dari salah satu Sistem Informasi Manajemen PPDPP, dimana sistem tersebut dibangun untuk mempermudah alur proses permohonan pencairan dana FLPP dari bank pelaksana. Dimulai dari proses pengujian, pencairan sampai dengan proses pengembalian Dana FLPP.

Dalam proses pengujian berkas data debitur, sistem hanya akan memproses data debitur valid dalam format excel sesuai dengan format-i yang sudah ditentukan standar pengisiannya, yang kemudian digunakan untuk proses pengujian data debitur yang disampaikan oleh bank pelaksana.   Sedangkan proses pencairan dana FLPP, kepada bank pelaksana sesuai dengan rekomendasi output dari hasil pengujian Sistem E-FLPP.

Sistem e –FLPP ini diharapkan segera bisa direalisasikan sehingga pelayanan kepada bank pelaksana akan lebih optimal. “Sehingga data para debitur dalam hal ini MBR akan lebih valid dan bisa terhindar dari kesalahan human error karena jika ada data yang tidak sesuai sistem akan langsung menolaknya,”ujar praktisi IT, Eko Firmansyah.

Hadir sebagai narasumber pada kesempatan tersebut, Direktur Layanan yang diwakili oleh Aisyah Dewi, Direktur Operasi, Nostra Tarigan, Direktur Umum dan Hukum, Maharani dan Direktur Keuangan, Dzikran Kurniawan juga turut serta hadir praktisi IT Lalan Suryantoro.

 

 

 

One thought on “PPDPP Kembangkan Sistem e-FLPP

  • May 2, 2016 at 5:20 pm
    Permalink

    Terima kasih PPDPP, sudah memfasilitasi pertemuan penting ini.
    Semoga kedepan lebih bisa terjalin kerjasama yang erat di antara PPDPP dengan Bank Pelaksana FLPP

Comments are closed.