PPDPP Lakukan Sosialisasi Manajemen Kinerja Pegawai

Jakarta, 12 Februari 2019 – PPDPP melalui Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) unit kerja Direktur Umum dan Hukum adakan rapat sosialisasi terkait Surat Edaran Direktur Utama Nomor 11/SE/Sg/2019 tentang Manajemen Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Layanan Umum PPDPP. Rapat sosialisasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bromo, Lantai 2 Gedung PPDPP ini dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Divisi SDM, Muhammad Nauval Al Ammari dan dihadiri oleh setiap Plt. Kepala Divisi, Kepala Divisi serta perwakilan staf dari setiap Divisi yang ada di Lingkungan Kerja PPDPP.

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 112/KMK.05/2016 tanggal 19 Februari 2016 maka PPDPP ditetapkan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) yang mempunyai tugas melaksanakan penyaluran dan pengelolaan dana pembiayaan perumahan, serta merupakan Instansi Pemerintah yang telah menerapkan Pengelolaan Keuangan BLU secara penuh.

Sosialisasi Surat Edaran ini dimaksudkan sebagai bentuk pelaksanaan regulasi Pemerintah terkait Penyusunan Kontrak Kinerja/Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Penilaian Prestasi Kerja Pegawai. Sementara itu tujuan sosialisasi ini untuk memberikan petunjuk pelaksanaan teknis sebagai bentuk pemberlakuan kebijakan standar Penyusunan Kontrak Kinerja/SKP dan Penilaian Prestasi Kerja di lingkungan BLU PPDPP.

Prinsip penyusunan Kontrak Kinerja/SKP yang telah ditetapkan oleh Surat Edaran ini diantaranya sebagai berikut : Mampu mencerminkan tugas dan fungsi utama organisasi/pegawai; mampu menyatakan sesuatu secara definitif (tidak normativ), tidak bermakna ganda, relevan dan khas/unik dalam menilai serta mendorong kinerja suatu unit/Pegawai; mampu diukur dengan jelas dan jelas pula cara pengukurannya; disepakati oleh kedua belah pihak yang berkaitan yaitu antara Pegawai dan Pimpinannya; realistis; memiliki batas waktu pencapaian; dan bersifat pengembangan berkesinambungan. Adapun prinsip-prinsip penilaian yang dilakukan bersifat objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan.