SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

PPDPP Lakukan System Implementation Test Platform pada Database Internal

Rabu, 12 Juli 2017, bertempat di Hotel Falatehan, Jakarta Selatan, Divisi Database bersama Divisi Teknologi Informasi, Unit Kerja Direktur Operasi, Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melakukan System Implementation Test (SIT) terhadap aplikasi platform database internal PPDPP yang merupakan embrio dari Data Center PPDPP.

Data Center merupakan salah satu output yang dipersiapkan oleh Divisi Database, Unit Kerja Direktur Operasi PPDPP sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap Modernisasi BLU yang menjadi salah satu perhatian dari Kementerian Keuangan. Selain itu, sistem tersebut juga akan menjadi salah satu sistem utama PPDPP dalam mengelola semua data dan dokumen strategis yang bersifat final. Dengan demikian, maka operasional kerja di lingkungan PPDPP diharapkan dapat menjadi lebih mudah, lebih terkendali, dan lebih profesional sehingga dapat menunjang kinerja PPDPP dalam melaksanakan setiap tugasnya untuk mendukung kinerja Kementerian PUPR.

Pada kesempatan tersebut hadir Afif dan Sesa dari Solusinesia Team selaku Tenaga Ahli Individual Divisi Database yang membantu melakukan development platform database internal PPDPP dan Ridwan Mulyadi selaku Praktisi Teknologi Informasi yang menjadi penguji keamanan sistem platform database internal PPDPP. Pelaksanaan SIT dikoordinir oleh Muhammad Nauval, dimoderatori oleh Moch. Ihsan dan dihadiri oleh Jadima, Muji Prasetyo Iryanto, dan Astari Karamina dari Divisi Database, serta dihadiri oleh Divisi Teknologi Informasi yaitu Fachri, Erwan Adiwijaya, Fariz Akyas, dan Muhammad Fajar Fiqi.

Pelaksanaan SIT mencakup paparan secara keseluruhan mengenai sistem platform database internal PPDPP oleh Tim Development dan paparan hasil reviu implementasi sistem oleh Praktisi IT. Seluruh fungsi dasar dari sistem, mulai dari login, dashboard homepage database, fungsi user management dan data management, saat ini telah berfungsi. Dalam pelaksanaan SIT disampaikan bahwa platform database internal PPDPP telah menggunakan algoritma hash SHA256 sebagai enkripsi pengamanan sistem, dan hal tersebut dinilai sudah cukup aman.

Dari hasil pembahasan, ke depannya, masih terdapat beberapa proses yang perlu dilalui yaitu menyempurnakan setting privilege dari setiap User Label dan User Level yang sesuai dengan ketentuan hak akses pada masing-masing klasifikasi aset informasi sebagaimana dalam rumusan Data Label. Tim Development juga masih perlu menyempurnakan beberapa komponen dalam page daftar data/data management, diantaranya tampilan informasi ukuran file, tanggal dokumen diubah, fasilitas sort files berdasarkan nama atau tanggal dan notifikasi, saat memutuskan untuk menghapus file dalam sistem database.

Dalam pertemuan tersebut telah disepakati bahwa perlu dilakukan User Acceptance Test (UAT) pada minggu terakhir bulan Juli 2017 atau minggu pertama bulan Agustus 2017. Diharapkan setelah pelaksanaan UAT, maka sistem database tersebut sudah mulai dapat digunakan secara masif.