PPDPP Mulai Pelatihan Audit Internal SMKI ISO 27001:2013

Setelah dinyatakan  unit kerja di Direktur Operasi berhak mendapatkan sertifikat SMM ISO 9001:2015 oleh PT Asia Cipta Management (ACM) yang merupakan Badan Sertifikasi di bawah lisensi UKAS Inggris pada tanggal 13 September 2017 lalu, maka mulai hari Selasa (19/9), Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) memulai persiapan menuju sertifikasi untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI), yaitu melalui pelatihan audit internal SMKI ISO 27001:2013. Hadir dalam pembukaan pelatihkean tersebut, Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono dan Direktur Operasi, Nostra Tarigan. Pelatihan audit internal terkait ISO 27001: 2013 disampaikan oleh Rungga Reksya Sabilillah.

Informasi merupakan aset yang sangat berharga bagi siklus hidup suatu organisasi/perusahaan sehingga perlu dijaga keamanannya khususnya dari aspek kerahasiaan, keabsahan serta ketersediaannya. Tidak terjaganya informasi dengan baik pada organisasi dapat menyebabkan timbulnya masalah terkait keamanan informasi seperti kebocoran informasi penting, pencurian data password pengguna, modifikasi data/perangkat lunak oleh pihak yang tidak berwenang, penyusupan ke system, dsb. Untuk menjamin keamanan terhadap aset, organisasi perlu menerapkan suatu sistem manajemen keamanan informasi (SMKI).

Dalam menerapkan SMKI pada organisasi atau perusahaan dibutuhkan suatu komitmen dari manajemen khususnya pada tim manajemen yang terlibat dalam ruang lingkup penerapan SMKI. Karena tujuan dari menerapkan SMKI adalah untuk menyusun sebuah sistem manajemen. Apabila tidak ada dukungan/komitmen dari manajemen terhadap penerapan SMKI, maka penerapan SMKI tersebut tidak akan berjalan sehingga akan mengakibatkan kegagalan dalam proses implementasi. Kurangnya komitmen dari manajemen merupakan faktor utama penyebab kegagalan implementasi SMKI.