SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

PPDPP Reviu Implementasi ISO 27001:2013 SMKI Data Center PPDPP

Jakarta, 28 Juni 2018 – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Unit Kerja Direktur Operasi melalui Divisi Database melakukan Reviu Implementasi ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) Data Center PPDPP. Dalam sesi tersebut, hadir sebagai narasumber Ahli ISO 27001:2013, acara tersebut dimoderatori oleh Koordinator Divisi Database, Muhammad Nauval Al Ammari dan dihadiri oleh Perwakilan Divisi Database, Divisi Teknologi Informasi dan Divisi Pemantauan dan Evaluasi.

PPDPP memperoleh Sertifikasi ISO 27001:2013 untuk ruang lingkup data center PPDPP setelah dinyatakan lulus Audit Sertifikasi pada bulan November 2017. Audit Sertifikasi dilakukan oleh Badan Sertifikasi The British Standards Institution (BSI) Group Indonesia. Menindaklanjuti Sertifikasi tersebut, PPDPP melakukan Pembahasan Reviu Implementasi ISO 27001:2013 SMKI Data Center. Ruang Lingkup Implementasi ISO 27001:2013 SMKI Data Center PPDPP adalah terkait Implementasi Dokumen Prosedur dan Standardisasi yang sesuai dengan persyaratan ISO 27001:2013.

Dalam kesempatan tersebut, Narasumber menyampaikan bahwa dalam Kegiatan Surveillance ISO 27001:2013 akan memiliki proses yang hampir sama dengan Audit Sertifikasi pada tahun pertama. Audit Surveillance ISO 27001:2013 dibagi menjadi dua stage, yaitu stage 1 dan stage 2. Narasumber juga menghimbau untuk dapat meninjau kembali dokumen dan prosedur yang sudah berjalan pada tahun sebelumnya dan menyesuaikannya dengan kondisi yang berjalan terkait Data Center PPDPP.  Selain itu, Narasumber menyampaikan untuk dapat melakukan sosialisasi prosedur maupun standard untuk dapat meningkatkan Awareness Pegawai PPDPP terutama terkait Keamanan Informasi.

Hal-hal yang dibahas mencakup Log Dokumen SMKI Data Center PPDPP, Log Kegiatan SMKI Data Center PPDPP, Log Hasil Audit Internal dan Hasil Audit Sertifikasi SMKI Data Center PPDPP, Urgensi Updating List Aset, Standard dan Reviu Pemeliharaan Server dan UPS, Inventarisasi Pegawai khususnya Unit Kerja Direktur Operasi yang telah mengikuti Security Awareness, Pelatihan Audit Internal, Tes Audit Internal dan Peserta tes yang Lulus Ujian Audit Internal, Urgensi Penyempurnaan Standard dan Laporan Pengujian Disaster Recovery Plan (DRP), Urgensi Background Checking Calon Pegawai yang akan ditempatkan di Divisi Database dan Divisi Teknologi Informasi, Urgensi Pemenuhan Kebutuhan SDM (Kadiv dan Pegawai).

Diharapkan melalui kegiatan ini, PPDPP dapat terus melakukan improvement dan meningkatkan awareness terutama terkait dengan Aspek Keamanan Informasi yang harus dijaga oleh semua pegawai PPDPP, Aspek Keamanan Informasi yang perlu diperhatikan mencakup Confidentiality (Kerahasiaan), Integrity (Keutuhan) dan Availability (Ketersediaan).