PPDPP Selenggarakan Bimtek Database PostgreSQL

Di bulan Maret Tahun 2017 ini Divisi Database, Unit Kerja Direktur Operasi kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) PostgreSQL di lingkungan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, dan diikuti oleh perwakilan masing-masing Unit Kerja di lingkungan PPDPP.

Pada Bimtek hari pertama, Divisi Database, Divisi Teknologi Informasi, dan perwakilan Divisi Pemantauan dan Evaluasi, Unit Kerja Direktur Operasi PPDPP yang berjumlah 10 orang mengikuti Bimtek PostgreSQL bersertifikat level intermediate yang dibimbing langsung oleh PT. Nurul Fikri Cipta Inovasi (NF Computer). Sementara pada hari kedua, Divisi Database, Unit Kerja Direktur Operasi yang terdiri dari Muhammad Nauval, Jadima Lumban Raja dan Muji Prasetyo Iryanto, berperan sebagai instruktur internal PPDPP memberikan Bimtek PostgreSQL level basic kepada perwakilan Unit Kerja di lingkungan PPDPP, dengan moderator Moch. Ihsan dari Divisi Teknologi Informasi.

Beberapa materi yang disampaikan dalam bimtek ini mencakup create database, schema, table, view, materialized view, query-query postgreSQL mencakup insert, select, update, delete, join table, termasuk cara import dan eksport file dari excel ke postgreSQL dan/atau sebaliknya, backup dan restore file, serta melakukan operasi matematika dalam postgreSQL. Terkait dengan Bimtek tersebut, Divisi Database, Unit Kerja Direktur Operasi PPDPP telah menyusun Manual Penggunaan Database PostgreSQL PPDPP yang dapat diakses oleh semua Pegawai PPDPP di dalam Database Cloud PPDPP.

Penggunaan PostgreSQL menjadi sangat penting bagi PPDPP mengingat saat ini Divisi Database PPDPP telah mengelola lebih dari 23 juta data yang tersimpan dalam database PPDPP. Diharapkan dengan Bimtek ini, Divisi Database PPDPP bisa semakin handal dalam mengelola data dalam jumlah besar atau Big Data, dan kedepan setiap Unit Kerja PPDPP mampu untuk menggunakan Database PostgreSQL guna menunjang pelaksanaan tugasnya masing-masing.