PPDPP Selenggarakan Pelatihan Awareness Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Jakarta (24/08) – Divisi Database, Unit kerja Direktur Operasi, Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan kegiatan pelatihan ISO dengan tema Quality Management System Awareness atau Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang mengacu pada ISO 9001:2015 dengan Narasumber Fathimah Zahra Rofidatullah. Kegiatan pelatihan ISO hari ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan sejak Kamis, 23 Agustus 2018 dengan tema pelatihan Business Continuity Management  yang mengacu pada ISO 27001:2013. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan setiap unit kerja di lingkungan PPDPP.

Dalam paparannya, Narasumber menjelaskan bahwa ISO 9001:2015 menitikberatkan pada kepuasan pelanggan/pengguna layanan. Beberapa Prinsip dalam SIstem Manajemen Mutu, antara lain Customer Focus, Leadership, Engagement of People, Process Approach, Improvement, Evidence-based Decision Making dan Relationship Management. Dalam setiap ISO, perlu diterapkan The PDCA Model (Plan-Do-Check-Action). Dalam Standard ISO 9001:2015 klausul yang perlu dipahami, yaitu sebagai berikut Konteks Organisasi, Leadership, Planning, Support, Operation, Performance Evaluations dan Improvement.

Dalam mempersiapkan Audit Surveillance pada tahun 2018, Narasumber menyampaikan bentuk temuan dalam Audit, yaitu Temuan Mayor, Minor dan Observasi (Opportunity for Improvement/Ofi). Dalam paparannya, beliau juga menyampaikan Hak dan Kewajiban dari Auditee dan Auditor, serta memberikan saran dan tips bagaimana menghadapi Auditor dengan baik.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan awareness pegawai terhadap Implementasi Sistem Manajemen Mutu, dan dapat terus melakukan continuous improvement sesuai tugas dan fungsinya.