PPDPP Selenggarakan Pelatihan Pelayanan Prima

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan melalui Divisi Sumber Daya Manusia Unit Kerja Direktur Umum dan Hukum adakan pelatihan service excellent dalam rangka peningkaan kapasitas SDM. Kegiatan ini dilaksanakan di Fave Hotel melawai pada Tanggal 18 dan 19 Desember 2018. Pelatihan service excellent ini dihadiri oleh perwakilan pegawai dari masing-masing Unit Kerja Direktur di PPDPP Kementerian PUPR. Dalam pelatihan service excellent ini, PPDPP bekerjasama dengan SBUX Consulting menghadirkan Trainer yang ahli di bidang service excellent yaitu Brili Agung Zaky Pradika. Dalam sesi pembukaan, Direktur Umum dan Hukum, Monhilal, menyampaikan bahwa penyelenggaraan pelatihan service excellent ini diharapkan dapat meningkatkan pengembangan diri setiap Pegawai sehingga dapat meningkatkan service/layanan secara prima karena di BLU PPDPP mempunyai tujuan memberikan pelayanan terbaik bagi MBR (masyarakat berpenghasilan rendah). Pelatihan service excellent di lingkungan PPDPP bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Pegawai agar memahami service excellent sehingga dapat diterapkan baik pada saat memberikan pelayanan kepada MBR maupun bekerja di lingkungan PPDPP.

Materi-materi pelatihan service excellent yang disampaikan pada hari Selasa, 18 Desember 2018 yaitu service mindset yang mempunyai tujuan agar setiap Pegawai dapat berfikir bahwa yang dilakukannya adalah ibadah, positive mental attitude bertujuan untuk membangun pola pikir yang selalu positif sehingga dalam memberikan pelayanan baik di internal maupun eksternal PPDPP dapat tersampaikan dengan baik dan maksimal, service communication bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi.

Materi kemudian dilanjutkan di hari kedua dengan membahas Service Quality vs Customer Engagement memberikan pemahaman tentang bagaimana membuat hubungan yang baik dengan MBR yang tercermin dari Costumer Loyalty Level. Service Leadership diberikan agar Pegawai dapat memimpin setiap interaksi dengan baik, Problem Solving and Decision Making bertujuan agar Pegawai dapat membuat keputusan dengan benar dengan melihat dari berbagai kondisi dan situasi dengan melihat beberapa hal yaitu Analisa situasi, Analisa persoalan, Analisa keputusan, Analisa persoalan potensial.

Dalam sesi penutupan, Muhammad Nauval Al-Ammari, selaku Plt. Kepala Divisi SDM menyampaikan bahwa di Tahun 2019, PPDPP melalui Divisi SDM Unit Kerja Direktur Umum dan Hukum, akan meningkatkan jumlah dan kualitas kegiatan bimbingan teknis serta pelatihan bagi Para Pegawai di BLU PPDPP dalam rangka meningkatkan kompetensi Pegawai, sehingga dapat meningkatkan kinerja BLU PPDPP dalam menyelenggarakan tugas penyaluran dan pengelolaan dana pembiayaan perumahan bagi MBR.