SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

PPDPP Selenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen SMKI SNI ISO/IEC 27001:2013

Kamis, 9 November 2017, Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) selenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) di Kantor PPDPP, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Rapat Tinjauan Manajemen ini merupakan salah satu rangkaian dalam Proses Persiapan dan Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) SNI ISO/IEC 27001:2013.

Rapat Tinjauan Manajemen ini membahas Klausul 9.3. SNI ISO/IEC 27001:2013 yang mencakup pembahasan mengenai Tindak Lanjut Tinjauan Manajemen Sebelumnya, Perubahan Isu Eksternal dan Internal yang relevan dengan Sistem Manajemen Keamanan Informasi, Feedback terkait IS Performance, Feedback dari Pihak yang Berkepentingan/Terkait, Hasil dari Risk Assesment dan Status dari Risk Treatment Plan dan Peluang untuk melakukan Perbaikan yang berkesinambungan.

Rapat dipimpin oleh Budi Hartono selaku Direktur Utama PPDPP dan didampingi oleh Nostra Tarigan selaku Direktur Operasi yang merupakan Top Management SMKI, dan dihadiri oleh Tim Persiapan dan Penerapan SMKI ISO 27001:2013, Ismail selaku Kepala SPI, Tim PT. Riset Teknologi Indonesia (RTI) antara lain Luthfy, Rungga Reksya, Azmy, dan Vilda. Pada kesempatan tersebut, Muhammad Nauval selaku Wakil Manajemen melaporkan progress Persiapan dan Penerapan SMKI di lingkungan PPDPP.

Dalam Tinjauan Manajemen, Kepala SPI sebagai Lead Auditor Internal memaparkan mengenai hasil Audit Internal SMKI dan Tindakan Perbaikan yang telah dilaksanakan oleh Tim Persiapan dan Penerapan SMKI. Kemudian dibahas Isu-Isu Internal dan Eksternal terkait keamanan Informasi di PPDPP. Terkait dengan Poin mengenai Manajemen Risiko, Divisi Teknologi Informasi dan Divisi Database telah melakukan Assesment pada Tahun 2017 terhadap Sistem Keamanan Informasi, yaitu Kegiatan Penetration Testing dengan beberapa obyek seperti Infrastruktur Jaringan Komunikasi, Server, dan lain-lain.

 

Dalam rangka menyelenggarakan Peluang Perbaikan ke depan, khususnya terkait Peningkatan Kualitas SDM di bidang Teknologi Informasi dan Database maka akan ditindaklanjuti dengan rencana pelatihan di tahun yang akan datang, pelatihan ini dibagi menjadi dua, yaitu pelatihan yang bersifat umum dan pelatihan yang bersifat khusus. Pelatihan yang bersifat umum, misalnya Pelatihan Tanggap Darurat Gedung, P3K, Fire Drill akan dikoordinir oleh Unit Kerja Direktur Umum dan Hukum. Sedangkan, untuk Pelatihan Khusus yang bersifat teknis akan dikoordinir oleh Unit Kerja yang terkait.

 

Setelah Tinjauan Manajemen ini, proses selanjutnya adalah Audit Sertifikasi oleh Badan Sertifikasi. Audit Sertifikasi ini akan dilaksanakan 2 stage, Stage 1 di tanggal 15 November 2017 dan dilanjutkan dengan stage 2 di tanggal 20-21 November 2017. Diharapkan PPDPP dapat terus memperhatikan 3 poin utama dalam menjaga keamanan data dan informasi yaitu Confidentiality (Kerahasiaan), Integrity (Keutuhan) dan Availability (Ketersediaan).