PPDPP Terapkan Sistem Host to Host bersama Bank Pelaksana

Banten, 20 Februari 2019 – PPDPP melalui Divisi Teknologi Informasi unit kerja Direktur Operasi menggelar kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Teknis Implementasi Sistem Host to Host. Bertempat di Hotel Grand Zuri, kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 20 Februari hingga 22 Februari 2019 mendatang. PPDPP mengundang seluruh Bank Pelaksana penyalur FLPP baik nasional maupun daerah, tercatat 40 Bank hadir dalam pembahasan sinergisitas sistem Host to Host bersama dengan PPDPP.

Hadir memberikan sambutan dan arahan, Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono didampingi Direktur Operasi, Nostra Tarigan di sela-sela kesempatan. Kegiatan ini dikawal oleh Plt. Kepala Divisi Teknologi Informasi, Moh. Ihsan dalam mengoperasikan sistem Host to Host (H2H) PPDPP. Moh Ihsan menjelaskan bahwa pengembangan sistem H2H ini dapat mempermudah rekonsiliasi data keuangan antara Bank Pelaksana dengan PPDPP. Sistem H2H mencakup proses pengujian, pembuatan dokumen surat pernyataan verifikasi dengan digital signing, menguji data debitur setelah SP3K, dan melakukan updating tanggal akad dan nomor rekening.

Sedangkan untuk jadwal angsuran 75 : 25 Sistem H2H dapat melakukan pelaporan online mutasi pencairan dana FLPP dari bank pelaksana ke PPDPP, pelaporan online mutasi pengembalian pokok dan tarif per debitur dari bank pelaksana, dan pelaporan online transaksi mutasi. Untuk menjamin keamanan, sistem ini juga dilengkapi dengan dukungan teknologi Sertifikasi Elektronik yang diterbitkan oleh BSrE BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara).

Nostra Tarigan sendiri menyampaikan, bahwa saat ini PPDPP sedang memiliki rencana untuk membawa sistem H2H sebagai salah satu syarat pelaksanaan Perjanjian Kerjasama Operasional tahun 2020.“Harapan kami H2H dapat selesai bulan April 2019. Saat ini kami juga sedang menyiapkan sistem pelaporan pemantauan lapangan yang terhubung langsung ke bank pelaksana. Semua yang kita lakukan intinya cuma satu, mempermudah proses penyaluran dan lebih prudent. ” Ujar Nostra menambahkan.

Budi Hartono juga mengingatkan, bahwa setelah nasabah melakukan akad, data nasabah tentunya harus dipelihara dalam jangka panjang “Saya sangat mengapresiasi terhadap bank-bank yang terlibat di sini. Diharapkan April mendatang (2019) sudah selesai. Rencana ke depan target akan selalu meningkat, dan ini merupakan kesempatan bagi bank pelaksana untuk lebih berpartisipasi.” Ujar Budi Hartono.

Host to Host merupakan skema pelaporan data angsuran debitur FLPP dan pengujian data calon debitur FLPP yang menggunakan Metode Simple Object Access protocol (SOAP) dengan menggunakan hyper text transfer protocol (http) dan Mockup Language (XML) sebagai mekanisme untuk pertukaran data.