PPDPP Tingkatkan Kapasitas Pegawai terkait Kegiatan Pengawasan di Lingkungan PPDPP

Dalam rangka meningkatkan efektivitas kegiatan pengawasan, PPDPP melalui Satuan Pemeriksaan Intern (SPI) menggelar kegiatan di Hotel Ambhara pada hari Senin (15/4). Kegiatan yang digelar selama 2 hari ini bekerja sama dengan Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR, yaitu Inspektur V beserta Tim Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR.

SPI sebagai unit pengawasan intern PPDPP menggelar kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran (awareness), khususnya mengenai arti penting kegiatan pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan yang telah disampaikan dalam Laporan Hasil Pengawasan, baik oleh pihak internal seperti SPI dan Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR maupun pihak eksternal seperti BPK-RI.

Kegiatan ini melibatkan seluruh Kepala Divisi, Plt. Kepala Divisi, dan Satuan Kerja di lingkungan PPDPP. Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memperoleh persamaan persepsi dan meningkatkan sikap kooperatif antar unit di lingkungan PPDPP. Hadir pula Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono memberikan arahan dalam kegiatan; yang didampingi jajaran Direksi PPDPP lainnya, seperti Direktur Keuangan, Arief Rahman; Hakim dan Direktur Layanan, Agusny Gunawan.

Pada pasal 2 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 dinyatakan bahwa untuk mencapai pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, menteri/pimpinan lembaga, gubernur dan bupati/walikota wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan. SPIP bertujuan untuk memberi keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap perundang-undangan. Adapun unsur dari SPIP diantaranya yaitu lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan.