SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

PPDPP Update Data FLPP Semester 1 Tahun 2018

Jakarta, 29 Juni 2018 – Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) paparkan Update Data FLPP Semester 1 Tahun 2018. Pembahasan sesi ini merupakan salah satu rangkaian dalam Acara Rakortek Database BLU-PPDPP Tahun 2018. Hadir memberikan sambutan dan membuka acara, Budi Hartono selaku Direktur Utama BLU-PPDPP dan pengantar teknis disampaikan oleh Nostra Tarigan selaku Direktur Operasi, dan materi dipaparkan oleh Muhammad Nauval Al Ammari selaku Koordinator Divisi Database.

Kegiatan ini dihadiri oleh Institusi/Kementerian/Lembaga yang pada Tahun 2017 pernah menyampaikan permintaan data FLPP, diantaranya Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLU, Kementerian Keuangan; Direktorat Perkotaan, Perumahan dan Permukiman, Bappenas; Departemen Kebijakan Makroprudensial, Bank Indonesia; Direktorat Statistik Kesejahteraan Rakyat, BPS; Biro Komunikasi Publik, Setjen. Kementerian PUPR; Direktorat Perencanaan Pembiayaan, Ditjen. Pembiayaan Perumahan, Kementerian PUPR;  Direktur Perencanaan Penyediaan, Ditjen. Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR; Direktorat Rumah Umum dan Komersial, Ditjen. Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR; serta Perwakilan dari Setiap Unit Kerja PPDPP.

Data Penyaluran FLPP Semester 1 Tahun 2018 ini membahas data dengan status update terakhir 31 Mei 2018. Data yang dipaparkan antara lain mencakup Rekapitulasi Penyaluran KPR Sejahtera FLPP berdasarkan Tahun Anggaran, Jenis Pekerjaan Debitur/Nasabah FLPP, Kelompok Penghasilan/ Gaji Pokok Debitur/Nasabah FLPP, Bank Pelaksana, Jumlah Pengembang, Realisasi Per Wilayah, Realisasi per Provinsi, Realisasi per Kabupaten/Kota, Realisasi per Kabupaten/Kota Tertinggi di Provinsi-nya masing-masing, serta Pembahasan mengenai hal-hal lain yang terkait dengan penyaluran FLPP.

Selain pembahasan mengenai Updating Data FLPP, pembahasan ini juga disertai dengan pelaksanaan Survey Kepuasan Pengguna Layanan Database PPDPP. Dalam Survey tersebut, peserta dari pihak eksternal PPDPP diminta untuk mengisi form kuesioner yang intinya memberikan penilaian atas kinerja pelayanan yang diberikan oleh Divisi Database Unit Kerja Direktur Operasi PPDPP. Selain itu, didiskusikan juga hal-hal yang terkait dengan pengembangan data-data perumahan. Salah satu poin penting dalam pembahasan adalah mengenai diperlukannya suatu Forum Data khusus bidang Perumahan dengan melibatkan stakeholders bidang perumahan, baik yang berasal dari Unsur Kementerian/Lembaga maupun dari Instansi lain yang terkait.

Selain memberikan pelayanan di bidang Database, Divisi Database juga saat ini telah mengelola lebih dari 86 juta data dengan menggunakan 3 sistem Database utama, yaitu Sistem Database Cloud, Sistem Database PostgreSQL, dan Sistem Database Internal (SDI). Diharapkan ke depannya kinerja Divisi Database bisa meningkat lebih baik, dari sisi pelayanan maupun dari sisi teknis manajemen data di BLU-PPDPP.