Prof (R)Dr.Ir. Arief Sabaruddin CES Pimpin LPDPP

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono melantik Prof. Dr. Ir. Arief Sabaruddin CES sebagai Direktur Utama Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (LPDPP) pada hari Jumat (13/9) di ruang auditorium kantor Kementerian PUPR.  Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR juga melantik Martanto Boedi Joewono, SE, MM sebagai Direktur Operasi, Arief Rahman Hakim, S.Sos, MP sebagai Direktur Keuangan, Ir. Monhilal, Dipl SE sebagai Direktur Umum dan Hukum di lingkungan LPDPP.  Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Menteri PUPR nomor 835 tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Jabatan Administrator, dan Jabatan pada Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan di Kementerian PUPR yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 12 September 2019.

Menteri PUPR menyampaikan bahwa pelantikan adalah hal yang biasa dalam sebuah organisasi, tapi harus disadari dengan telah diangkatnya seseorang untuk memegang jabatan tertentu maka amanah dan wewenang yang diembannya harus bisa dipertanggungjawabkan. “Jabatan adalah dan amanah dan selalu lakukan yang terbaik untuk kemajuan organisasi,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Menteri Basuki menyampaikan tiga arahannya. Pertama, berpulangnya Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie pada Rabu, 11 September 2019 merupakan sosok yang memiliki karakter dan cita-cita. Perjalanan hidupnya sejak muda sampai dengan akhir hayatnya sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo pada saat pemakaman di Taman Makan Pahlawan Kalibata, merupakan tokoh yang selalu memikirkan pembangunan masa depan Indonesia.

“Saya kira ini yang harus kita contoh. Pelantikan ini juga dalam rangka membangun Indonesia dibidang infrastruktur PUPR,” tegas Menteri Basuki.

Pesan kedua yakni pelantikan kali ini dilakukan pada masa transisi yakni akan berakhirnya Kabinet Kerja pertama dan akan terbentuknya Kabinet Kerja selanjutnya. Oleh karenanya pelantikan diprioritaskan untuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong atau pejabat yang bersangkutan pensiun. Sehingga regenerasi tetap berjalan dengan baik.

Ketiga, kata Menteri Basuki, sumpah jabatan, pelantikan, Pakta Integritas yang ditandatangani merupakan janji yang harus dilaksanakan dalam menjalankan tugas setiap hari. “Jangan dianggap remeh karena menjadi payung dan melandasi langkah kita dalam bekerja serta memiliki dampak hukum,” ujar Menteri Basuki.

Sebagai informasi, Arief Sabaruddin sebelumnya merupakan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman , Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR. Lulusan Pasca Sarjana, Ecole Nationale des Travaux Public de l’Etat, Lyon – Perancis, lulus tahun 1992. Doktor Arsitektur, Universitas Katolik Parahyangan Bandung, lulus tahun 2013.

Pernah mendapatkan beberapa penghargaan salah satunya: Penghargaan Satyalancana Karya Satya X Tahun 2001, Penghargaan Satyalancana Pembangunan Presiden Republik Indonesia, atas penemuan Teknologi Pra-cetak sederhana RISHA, Jakarta 12 Agustus 2005 dan Penghargaan Peneliti Utama Terbaik 2014, Badan Litbang Kementerian PUPR, pada 3 Desember 2014.

Dengan telah dilantiknya para direksi oleh Menteri PUPR maka lengkap posisi direksi di LPDPP. Dipimpin oleh Direktur Utama dan empat direksi lainnya.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melantik sebanyak 73 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, dan Fungsional Kementerian PUPR . Pejabat yang dilantik terdiri dari  11 Pejabat Tinggi Pratama (eselon II.a), 4 Pejabat Tinggi Pratama (eselon II.b), 46 Pejabat Administrator (eselon III.a) dan 9 Pejabat Administrator (eselon III.b), serta 3 pejabat fungsional.