Raker DJPI TA. 2019 : Penyaluran FLPP per 16 September Telah Capai 83,58 %

Dalam rangka evaluasi kinerja tahun anggaran 2019 yang telah mendekati akhir tahun, Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI) menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Tahun Anggaran 2019 di Hotel Seruni, Bogor. Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 18 hingga 20 September 2019 selain mengundang seluruh unit kerja di bawah naungan DJPI, kegiatan ini juga melibatkan unit organisasi lainnya yang terkait dengan pembiayaan infrastruktur, seperti Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (LPDPP), Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP TAPERA), dan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF).

Agus Sulaiman selaku ketua panitian dalam laporan kegiatannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakuan dalam rangka percepatan capaian program kerja 2019 serta penajaman kegiatan 2020. Dirjen DJPI, Eko Heripoerwanto menyampaikan bahwa kali pertamanya kegiatan Raker melibatkan peserta yang banyak dikarenakan saat ini DJPI melibatkan banyak pihak dalam kerjanya “Semoga pertemuan ini memberikan energi baru, untuk menyelesaikan tahun 2019 dan penajaman tahun 2020” ujar Eko.

Eko menyampaikan bahwa saat ini telah memasuki pertengahan bulan September “Apabila dihitung dari kelengkapan organisasi terdapat milestone 6 bulan utk mengevaluasi kinerja kita” tuturnya. Eko kemudian menambahkan bahwa saat ini struktur jabatan organisasi DJPI sudah lengkap, tidak ada yg kosong. Melalui pesan dari Menteri PUPR, Eko mengingatkan bahwa tenaga yang ada saat ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal dan beban kerja terdistribusi dgn baik. “Proses bisnis yang diharapkan dan hasil dari proses tersebut. Menteri sangat firm terhadap proses bisnis yg dijalani DJPI”, sambung Eko.

Dalam Raker tersebut, seluruh unit kerja dijadwalkan memaparkan kinerja berjalannya pada tahun 2019, yaitu sejak Januari hingga akhir Agustus. Paparan capaian kerja LPDPP disampaikan oleh Direktur Umum dan Hukum LPDPP, Monhilal. Dalam paparannya Monhilal menyampaikan bahwa hingga 31 Agustus 2019, capaian penyaluran FLPP telah mencapai 79,55 %, dan tercatat per 16 September mencapai 83,58%. Sedangkan untuk serapan DIPA LPDPP telah lebih dari 50%, dan optimis hingga akhir tahun 2019 dapat mencapai lebih dari 90%. Sedangkan pada penajaman tahun 2020, LPDPP memiliki target penyaluran Rp. 11 triliun rupiah untuk 102.500 unit rumah,

Selain pemaparan masing-masing unit kerja, dalam Raker tersebut turut hadir Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti Eko Susetyowati memberikan arahan. Anita menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan salah satu visi Presiden RI Tahun 2020 – 2014, dan DJPI berperan menyediakan ketersediaan akses maupun infrastruktur dalam pembangunan. “Setiap dari anda yang memiliki tugas, semua orang harus memiliki kemampuan yg memadai sesuai kompetensi. Saya sangat mendukung kegiatan ini, krn untuk menunjang kinerja DJPI” ujar Anita.