SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

Rakortek Pemeliharaan dan Pendayagunaan Database 2018 paparkan FLPP dalam Angka Tahun 2010 – 2017

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), adakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Pemeliharaan dan Pendayagunaan Database PPDPP Tahun 2018. Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari, yaitu dimulai dari tanggal 4 sampai dengan 6 April 2018. Narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain Direktur Keamanan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo); Direktur PT Riset Teknologi Indonesia; Ahli ISO SMM 9001:2015 dan Solusinesia Team. Turut hadir memberikan sambutan dan arahan, Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono yang didampingi oleh Direktur Operasi PPDPP, Nostra Tarigan dalam memberikan pengantar teknis acara tersebut. Sedangkan materi dipaparkan oleh Koordinator Divisi Database, Muhammad Nauval Al-Ammari.

Kegiatan ini juga mengundang institusi/unit kerja yang pada Tahun 2017 pernah menyampaikan permintaan data FLPP, diantaranya Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLU, Kementerian Keuangan; Direktorat Perkotaan, Perumahan dan Permukiman Bappenas; Departemen Statistik Bank Indonesia; Direktorat Statistik Kesejahteraan Rakyat, Badan Pusat Statistik; Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian PUPR; Direktorat Perencanaan Pembiayaan Perumahan, Kementerian PUPR; Direktorat Rumah Umum dan Komersial; serta Perwakilan dari Setiap Unit Kerja PPDPP.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Kerja Direktur Operasi melalui Divisi Database ini sekaligus mempublikasikan “FLPP dalam Angka Tahun 2010-2017”. FLPP dalam Angka yang telah disusun memiliki dua versi, yaitu versi terbatas dan versi publik, versi terbatas ditujukan untuk ruang lingkup internal PPDPP sedangkan yang versi publik ditujukan untuk umum.

Dokumen FLPP dalam angka tahun 2010 – 2017 yang dipaparkan tersebut terdiri dari 3 bagian, yaitu Rekapitulasi Umum, Rekapitulasi Khusus berdasarkan Bank Pelaksana, Pengembang Perumahan, Jenis Pekerjaan dan Tenor Angsuran. Sementara pada Bagian 3 data yang ditampilkan mencakup Data Harga Rumah, Penghasilan/Gaji Pokok, Uang Muka dan Angsuran. Data FLPP yang masuk dalam klasifikasi aset informasi publik dapat diakses melalui website ppdpp.id.

Sejak meluncurkan sistem e-FLPP pada Agustus 2016 lalu, PPDPP telah memiliki database FLPP, yaitu database PostgreSQL. Dokumen FLPP dalam Angka Tahun 2010-2017 versi publik diharapkan dapat memenuhi kebutuhan stakeholders bidang perumahan. Selain itu, penerapan dokumen dalam bentuk digital ini merupakan salah satu upaya PPDPP dalam mengimplementasikan Modernisasi BLU, yang mencakup penerapan e-office dan pengurangan penggunaan kertas (go green). Pengelolaan Database FLPP dan semua data PPDPP saat ini dikelola sesuai dengan Standard SMKI ISO 27001:2013.