Sharing Knowledge, Peningkatan Kompetensi SDM LPDPP Bersama Representatif Finland University

Sharing knowledge  peningkatan kompetensi SDM LPDPP bersama Refresentatif Finland University dilaksanakan pada hari Rabu 7 Agutus 2019 pukul 13.30 WIB di Lantai 2 Ruang Rapat Bromo Kantor PPDPP. Diskusi dipimpin oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM dan dihadiri oleh Kepala Divisi Perencanaan Keuangan, Kurniawan Khristianto, dan Perwakilan Pegawai di lingkungan PPDPP. Diskusi ini dilakukan bersama Devi Rizal selaku CEO dan Nuryadi, yaitu mitra dari Sinergi Finlandia Indonesia yang merupakan Representatif Finland University. Rapat dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM dengan memberikan pelatihan Short Course dari Finland University.
Dalam diskusi disampaikan bahwa Negara Finlandia merupakan negara yang sangat mementingkan pendidikan, pemerintah Finlandia memberikan subsidi bagi siapapun untuk mengenyam pendidikan dengan ketentuan untuk S1 dan S2 diberikan subsidi 50% sedangkan untuk S3 diberikan subsidi penuh 100%. Selain pendidikan, Finlandia juga memberikan subsidi untuk tempat tinggal dan makan 50% bagi orang-orang yang mempunyai student card. Hal menarik lainnya adalah, orang-orang yang berpenghasilan tinggi lebih memilih tinggal di hinterland / di luar pusat kota sedangkan orang-orang yang berpenghasilan rendah/low Income People tinggal di perkotaan, hal tersebut dapat dijadikan contoh untuk bisa diterapkan di Indonesia agar dapat merata program untuk pembangunan baik di perkotaan maupun di pedesaan.
Pokok-pokok pembahasan diskusi diantaranya Finland University terdiri dari 4 Universitas yang berada di negera Finlandia yaitu University of Tampere, University of Eastern Finland, University of Turku dan Abo Akademi University. Program-program yang ditawarkan meliputi Pendidikan S.1 hingga S.3, Program Short Course, Program Seminar, hingga Program Study Tour. Model kerjasama dapat dilaksanakan dalam bentuk Swakelola, sedangkan untuk waktu pelaksanaan direkomendasikan pada bulan Februari-Mei dengan pertimbangan cuaca, waktu libur instansi di Finlandia, dan sebelum puasa. Beberapa Kementerian sudah melakukan kerjasama dengan Finland University diantaranya yaitu Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama. Finland University juga bekerjasama dengan berbagai Universitas-Universitas di Indonesia dan saat ini sedang menginisiasi kerjasama dengan BLU LPDP Kementerian Keuangan, Bidang Studi short course, seminar, studi banding dapat di Customize sesuai kebutuhan organisasi, misalnya topik khusus mengenai Pembiayaan Perumahan bagi sektor Informal, non-bankable, bechmarking dan riset-riset terkait bidang housing finance
Kedepan BLU LPDPP terus akan mendorong peningkatan dan pengembangan SDM untuk membentuk SDM yang unggul, professional dan berdaya saing tinggi.