SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

Simulasi Tanggap Darurat dan Pertolongan Pertama PPDPP Berjalan Sukses

Siang menjelang sore di gedung Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), alarm berbunyi nyaring. Suara hiruk pikuk dan orang -orang yang berlari terdengar jelas. Seluruh pejabat dan pegawai di semua lantai berlari dengan menuruni tangga darurat menuju lantai dasar. Ada apa gerangan? ternyata pemicu berderingnya alarm di gedung yang terdiri dari empat lantai itu, telah terjadi kebakaran di ruang dapur lantai tiganya. Untung tidak ada korban saat itu.

Itu lah simulasi praktek tanggap darurat dan pertolongan pertama yang dilakukan oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan PPDPP pada Selasa (14/11) pada pukul 14.30 WIB.  Kegiatan ini dipimpin oleh Koordinator Divisi Rumah Tangga dan Aset, Dwinanto yang didampingi oleh Bambang Sarwono, Trainer dari PT Tri Tungga Daya.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono menyampaikan bahwa simulasi ini sangat penting dilakukan agar tidak kaget jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi di gedung PPDPP dan menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat. “Sesuai arahan Menteri PUPR, dalam bekerja kita harus mengutamakan keselamatan. Baik keselamatn fisik maupun keselamatan administrasi. Semua harus dilakukan sesuai dengan SOP dan tata cara yang ada dan mengikuti aturan yang ada,”ujarnya menegaskan.

Dalam prakteknya, di setiap lantai ditunjuk dua Kapten yang bertanggung jawab untuk mengevakuasi seluruh pegawai yang berada di lantai yang bersangkutan. Kapten pertama bertugas mengevakuasi pegawai ke titik aman sedangkan kapten kedua bertugas untuk mengecek seluruh pegawai dan memastikan tidak ada lagi pegawai yang berada di lantai tersebut. Selain kapten juga ditunjuk tiap lantai Petugas Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Untuk lantai 1 gedung PPDPP, ditunjuk Deni Bisentianto, sebagai Kapten I dan BUdi Utama sebagai Kapten II dengan Petugas P3K ditunjuk Hana Amalia dan Reza Pramudhika. Sedangkan untuk lantai 2 ditunjuk Boma Rasesar sebagai Kapten I dan Nursyamsi Rajab sebagai Kapten II dengan Petugas P3K, Putri Sarah V dan Fajar Tri P. Terakhir di lantai 3 ditunjuk Rachmat Cahyo Nugroho sebagai Kapten I dan Nofriyansyah sebagai Kapten II dengan Petugas P3K, Maya Novitasari dan Muji Prasetyo.

Berkat kerja sama tim yang baik maka evakuasi dapat berjalan sukses dengan hanya menyita waktu 2 menit 17 detik saja.