Sosialisasi dan Pendampingan Penyelenggaraan SPIP di Lingkungan PPDPP

Satuan Pengawas Internal (SPI) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mengadakan kegiatan sosialisasi dan pendampingan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Pemerintah  (SPIP) pada hari Senin РSelasa, tanggal 24-25 September di Hotel Veranda, Jakarta yang diikuti Kepala Divisi, Plt. Kepala Divisi dan staf dari seluruh unit kerja di lingkungan PPDPP. Hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono didampingi oleh seluruh Direktur di lingkungan PPDPP serta narasumber  YMN. Wahyu Sanjaya, Tim Satgas SPIP, BPKP Pusat dan Marigan Silalahi, Tim Satgas SPIP, BPKP Pusat.

Dalam sambutannya, Budi Hartono menyampaikan agar seluruh jajaran di lingkungan PPDPP dapat mengikuti kegiatan dengan baik agar bisa dilaksanakan secara efektif, memahami dan lancar dalam pelaksanaanya.

SPIP merupakan suatu sistem yang wajib diiplementasikan agar organisasi dapat mencapai tujuannya secara efektif, efisien dan taat terhadap peraturan perundang-undangan. Dalam laporannya, Kepala SPI, Ismail mengatakan bahwa PPDPP sebagai salah satu satker Kementerian PUPR berkewajiban menjalankan SPIP sesuai PP Nomor 60 tahun 2008 tentang SPIP dan Permen PUPR nomor 20 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan SPIP di Kementerian PUPR.

Di hari pertama kegiatan sosialisasi, narasumber  memaparkan tentang Strategi Peningkatan Maturitas Penyelenggaraan SPIP di lingkungan PPDPP, evaluasi pengendalian, dan penilaian risiko. Sedangkan pada hari ke-2 kegiatan disii dengan penilaian lingkungan pengendalian (CEE) dan penyampaian materi lanjutan.

Dalam penutupan kegiatan Kepala SPI menyampaikan bahwa penyelenggaraan SPIP di lingkungan PPDPP masih akan diagendakan kembali pada bulan-bulan mendatang. Kepala SPI berharap agar setiap divisi mengindentifikasikan seluruh kegiatan yang dilaksanakan di divisinya untuk selanjutnya dilakukan penilaian risiko terhadap seluruh kegiatan tersebut. “Setiap divisi diminta untuk membuat penilaian risiko atas salah satu kegiatan utamanya dan hasilnya disampaikan melalui SPI,” ujarnya mengakhiri.