Sosialisasi HRIS, ketentuan Disiplin dan Tata Kelola SDM BLU LPDPP Tahun 2019

Salah satu rangkaian Kegiatan peningkatan Kapasitas SDM Tahun 2019 yaitu sosialisasi Human Resources Information System (HRIS), Ketentuan Disiplin dan Tata Kelola SDM BLU LPDPP yang di laksanakan di Hotel Ambhara, Jakarta. Pembahasan tersebut dibuka oleh Prof.Dr.Ir.Arief Sabaruddin,C.E.S Selaku Direktur Utama dan di hadiri oleh Para Direktur, Kepala SPI, Para Kepala Divisi, Plt. Kepala Divisi dan Para Pegawai LPDPP. Sosialisasi di sampaikan oleh Muhammad Nauval Al-Ammari selaku Kepala Divisi SDM. Tujuan dilaksanakan Sosialisasi HRIS, Ketentuan Disiplin dan Tata Kelola SDM BLU LPDPP adalah untuk meningkatkan pemahaman seluruh Pegawai tentang Tata Kelola, hak dan kewajiban Pegawai BLU LPDPP.

Pada Tahun 2019 Divisi SDM Unit Kerja Direktur Umum dan Hukum bersinergi/berkolaborasi dengan divisi Teknologi Informasi Unit Kerja Direktur Operasi dalam mengembangkan HRIS. Sistem tersebut dikembangkan untuk mengakomodasi kebutuhan Manajemen Kehadiran Pegawai (Attendance Management), perhitungan insentif kinerja bulanan, serta difungsikan sebagai media penyampaian informasi dan tata kelola SDM kepada internal BLU LPDPP.

Penyampaian sosialisasi HRIS, Ketentuan Disiplin dan Tata Kelola SDM BLU LPDPP dilakukan dengan menggunakan metode Sosialisasi yang berbeda yaitu dengan memberikan Quiz yang berisi soal-soal tentang HRIS, Ketentuan Disiplin dan Tata Kelola SDM yang di kerjakan secara individu, kemudian di nilai oleh Pegawai lain dan dibahas secara bersama-sama. Selain itu ada pula metode games pesan berantai dengan cara membuat kelompok dan berbaris ke belakang kemudian orang pertama akan menerima pesan tentang Ketentuan Disiplin dan kemudian akan disampaikan ke orang di belakangnya dengan cara berbisik dan seterusnya. Metode sosialisasi ini selain membuat suasana lebih ceria dan menarik juga dapat memudahkan Pegawai untuk lebih memahami materi yang disosialisasikan.

Materi-Materi sosialisasi mencakup ketentuan-ketentuan terkait Izin, cuti, dinas, penilaian kinerja, dan materi yang mempunyai korelasi antara penggunaan HRIS dengan Ketentuan Disiplin dan Tata Kelola.

Sosialisasi HRIS, Ketentuan Disiplin dan Tata Kelola SDM BLU LPDPP merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka peningkatan Kapasitas SDM BLU LPDPP Tahun 2019. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman Pegawai terhadap Tata Kelola SDM di BLU LPDPP, sehingga termotivasi untuk terus meningkatkan produktivitas dan kualitas kinerja.