Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

Survey Kepuasan Pelanggan

kepuasan

 

 

 

 

Pelaksana : PT Caturbina Guna Persada

Maksud:

Mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap penyaluran dana FLPP dalam rangka meningkatkan mutu dan kinerja pelayanan.

Tujuan:

  1. Menyusun metodologi survei.
  2. Membuat rekapitulasi data/hasil perhitungan indeks kepuasan pelanggan
  3. Rekomendasi perbaikan mutu layanan untuk tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Responden:

  1. Bank Pelaksana sebagai pihak yang berinteraksi langsung dengan PPDPP sebanyak 36 bank.
  2. Pengembang sebagai pihak yang berinteraksi langsung dengan Bank pelaksana. Sebanyak 39 pengembang.
  3. Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebagai penerima bantuan KPR Sejahtera FLPP. Jumlahnya sebanyak 328 orang.

Variabel Kuesioner:

  1. Formulir Survei kepuasan pelanggan untuk perbankan:
  • Persyaratan pengajuan pencairan dana
  • Pelaksanaan prosedur pencairan dana FLPP
  • Jumlah hari pencairan dana FLPP
  • Sistem layanan yang digunakan
  • Kemampuan petugas
  • Perilaku petugas
  • Kemudahan dan kejelasan petugas
  • Maklumat layanan PPDPP
  • Penanganan pengaduan, saran dan masukan
  • Feedback
  1. Formulir Survey Kepuasan pelanggan untuk pengembang
  • Persyaratan pengajuan pencairan dana
  • Pelaksanaan prosedur pencairan dana FLPP
  • Jumlah hari pencairan dana FLPP
  • Kemampuan petugas
  • Perilaku petugas
  • Kemudahan dan kejelasan petugas
  • Penangan pengaduan, saran dan masukan
  • Feedback
  1. Formulir Survey Kepuasan untuk MBR
  • Kepuasan masyarakat atas pelayanan bank.
  • Informasi KPR Sejahtera FLPP
  • Penilaian kebijakan yang terkait dengan program FLPP
  • Kepuasan atas rumah yang dibangun dari dana FLPPf

 

Hasil survei MBR:

  1. Indeks Kepuasan Masyarakat dari MBR terhadap bank pelaksana memperoleh nilai 74,60. (BAIK).
  2. Indeks Kepuasan Masyarakat dari MBR terhadap perolehan informasi KPR Sejahtera FLPP memperoleh nilai 72,31. (BAIK)
  3. Indeks Kepuasan Masyarakat dari MBR terhadap kebijakan yag terkait dengan Program KPR Sejahtera FLPP memperoleh nilai 77,21 (BAIK)

Survei hasil kepuasan Bank Pelaksana terhadap pelayanan PPDPP :

menunjukkan nilai rata-rata Indeks Kepuasan Masyarakat dengan angka 73,66 (BAIK).

Unsur pelayanan yang dinilai adalah:

  • Persyaratan pengajuan pencairan dana,
  • pelaksanaan prosedur pencairan dana,
  • jumlah hari prosedur pencairan dana,
  • maklumat PPDPP,
  • penanganan pengaduan PPDPP,
  • spesifikasi sistem layanan e-FLPP,
  • kemampuan petugas PPDPP,
  • perilaku petugas PPDPP,
  • kemudahan dan kejelasan petugas PPDPP, dan

survei pada pengembang  terhadap pelayanan Bank Pelaksana dan PPDPP  :

memperoleh nilai rata-rata Indeks Kepuasan Masyarakat dengan angka 79,10 (BAIK).

Adapun survey terhadap kepuasan pengembang ini dilakukan di 5 (lima) provinsi:

  • Banten,
  • Jawa Barat,
  • Jawa Timur,
  • Kalimantan Selatan, dan
  • Riau

Rekomendasi :

Rekomendasi terhadap peningkatan pelayanan PPDPP:

  • Menginformasikan kepada Bank Pelaksana terkait persyaratan yang harus dipenuhi serta prosedur yang disertai dengan target waktu penyelesaian dalam pengajuan pencairan dana dengan menambah jumlah banner berdiri dan menempatkan banner tersebut di bank pelaksana di tempat yang mudah dilihat.
  • Meningkatkan kompetensi pegawai PPDPP yang terkait langsung dengan e-FLPP.
  • Menginformasikan sistem e-FLPP kepada Bank Pelaksana.
  • Menginformasikan kepada seluruh pegawai PPDPP terkait target standar pelayanan minimal yang hrus dipenuhi PPDPP dalam pelayanan pembiayaan perumahan.
  • Meningkatkan kecepatan pelayanan pengaduan.Mengintensifkan sosialisasi dan edukasi.Kunci peningkatan kualitas pelayanan secara keseluruhan harus memperhatikan aspek SDM, teknologi informasi dan pengawasan.