SELAMAT MEMPERINGATI HARI PERUMAHAN NASIONAL 25 AGUSTUS 2018 "WUJUDKAN RUMAH RAKYAT BERKUALITAS"    ●    Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan - Menyalurkan dan Mengelola Dana Pembiayaan Perumahan Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah - Mewujudkan Impian Memiliki Rumah Dengan Bantuan KPR FLPP Dari Pemerintah Melalui Bank Pelaksana - Suku Bunga 5% Fixed Selama Jangka Waktu Kredit - Jangka Waktu Maksimum 20 Tahun - Bebas PPN dan Bebas Premi Asuransi    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 20 Tahun 2014 Pasal 17 Ayat 2: Jika pemilik tidak menempati rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun secara terus-menerus dalam waktu 1 (satu) tahun, dapat dilakukan pemberhentian fasilitas KPR Sejahtera dan pemilik wajib mengembalikan kemudahan dan/atau bantuan pembiayaan perumahan yang telah diperoleh    ●    Peraturan Menteri PUPR No. 21 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2: Dalam hal MBR memberikan pernyataan yang diketahui kemudian tidak benar dan/atau tidak dilaksanakan maka bank pelaksana wajib menghentikan fasilitas KPR Sejahtera    ●    Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2014 Pasal 9 Ayat 3: Fisik bangunan rumah dan PSU telah siap dihuni, berfungsi dan sekurang-kurangnya harus dilengkapi dengan: - Atap, lantai dan dinding yang memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan kehandalan bangunan - Terdapat jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air bersih lainnya - Utilitas jaringan listrik yang berfungsi - Jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi - Saluran/drainase lingkungan yang telah selesai dan berfungsi    ●    Layangkan pengaduan anda terkait perumahan bersubsidi melalui Hotline: 0-800-10-7737

Pemerintah Wujudkan Cita-cita Bung Hatta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kamis (25/8) melaksanakan acara Tabur Bunga di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Kebayoran Lama. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari Kementerian PUPR dalam rangka memperingati Hari Perumahan Nasional Ke-9 yang jatuh pada tanggal 25 Agustus.

Prosesi acara tabur bunga dilaksanakan di makam Alm. Dr. H. Mohammad Hatta sebagai bentuk penghormatan kepada “Tokoh Penggagas Perumahan” di Indonesia. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono saat berziarah ke Makam Bung Hatta di Tanah Kusir sebagai rangkaian dari kegiatan peringatan Hapernas, Jakarta,  mengatakan bahwa pada Hapernas tahun ini pemerintah khusus mengeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi XIII. “Ini merupakan salah satu wujud nyata dari pemerintah untuk melaksanakan apa yang menjadi cita-cita Bung Hatta yaitu menyediakan rumah yang layak bagi rakyat kita, khususnya MBR, termasuk PNS dan TNI Polri,” ujarnya.

Dalam sambutannya Menteri PUPR menyatakan pahlawan Proklamator RI dan Bapak Koperasi, Moh Hatta juga merupakan salah satu tokoh penting yang sangat peduli pada masalah perumahan. Hal tersebut pernah disampaikan oleh Bung Hatta ketika Kongres Perumahan Rakyat Sehat pada Agustus 1950 silam.

“Hari ini menjadi momen untuk mengingat kembali tantangan pembangunan perumahan nasional yang pertama kali dicanangkan pada 1950 silam oleh Wakil Presiden RI pertama Mohammad Hatta,” kata Menteri Basuki.

Menurut Menteri Basuki, masih banyak yang belum tahu bahwa pemikiran pembangunan rumah untuk rakyat adalah gagasan dari Sang Proklamator “Bung Hatta”. Hal itu terungkap saat Kongres Perumahan Rakyat pada 25-30 Agustus 1950 di Bandung. Dalam pidatonya saat itu, Hatta menyatakan, “cita-cita untuk terselenggaranya kebutuhan perumahan rakyat bukan mustahil apabila kita mau sungguh-sungguh, bekerja keras, semua pasti bisa”.

Dalam acara tabur bunga tersebut hadir putri kedua Mohammad Hatta, Gemala Rabi’ah Hatta dan sejumlah pejabat Kementerian PUPR seperti Dirjen Pembiayaan Perumahan Maurin Sitorus, Dirjen Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin, Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Lana Winayanti, Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan Danis Hidayat Sumadilaga, serta Kepala Biro Komunikasi Publik R Endra S Atmawidjaja. Turut hadir direksi dari Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), yaitu Budi Hartono, Direktur Utama PPDPP dan Saraswati, Direktur Layanan PPDPP.

Tema yang diusung pada peringatan Hapernas tahun ini adalah Percepatan Program Satu Juta Rumah Melalui Kemudahan Perizinan. PPDPP sebagai lembaga yang khusus menangani program pemerintah Sejuta Rumah melalui FLPP pada tanggal 3 Agustus 2016 lalu telah melaunching e-FLPP sebagai realisasi dukungan terhadap pemerintah dalam mempercepat pelayanan proses permohonan pencairan dana FLPP dari Bank Pelaksana untuk mensukseskan quick wins

Direncanakan siang ini dalam hari yang sama, Kementerian PUPR mengadakan seminar yang masih menjadi rangkaian peringatan HAPERNAS 2016, dengan bahasan Percepatan Penyediaan Rumah Sebagai Hunian yang Berkelanjutan Melalui Kemudahan Proses Perizinan. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Auditorium Kementerian PUPR.