Talkshow : Upaya Pemerintah Tingkatkan Akses MBR Miliki Rumah Bersubsidi

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Budi Hartono tampil sebagai pembicara dalam talkshow yang diadakan oleh Sonora FM pada rangkaian acara Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan – Jakarta pada hari Sabtu (29/9). Turut hadir dalam talkshow tersebut Kepala Divisi Subsidized Mortgage PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk, Hirwandi Gaffar. Talkshow yang bertajuk tentang Upaya Pemerintah Meningkatkan Akses MBR Memiliki Rumah Melalui KPR Bersubsidi.

Dalam talkshow tersebut, Budi Hartono menyampaikan bahwa pemerintah menjamin kebutuhan rumah bagi masyarakat, dikarenakan rumah merupakan tempat menanamkan nilai-nilai sosial tentang berbangsa, bernegara dan beragama yang berakhlak bagi generasi penerus bangsa. Pemerintah hadir melalui Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo pada tanggal 29 April 2015 di Unggaran, Jawa Tengah, salah satunya dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Lebih lanjut dalam talkshow Budi juga sampaikan bahwa progres penyaluran yang sudah dilakukan pemerintah di Tahun 2015 mencapai 699.770 unit rumah, pada tahun 2016 mengalami peningkatan menjadi 805.169 unit rumah. Kemudian di tahun 2017 meningkat menjadi 904.758 unit rumah. Tahun 2018 per tanggal 24 September 2018 PPDPP telah meyalurkan berjumlah 736.187 unit rumah.

Budi Hartono mengingatkan, bahwa MBR wajib memenuhi persyaratan apabila mengajukan sebagai calon debitur, seperti : memiliki KTP, belum memiliki rumah, belum pernah menerima bantuan perumahan dari pemerintah, memiliki NPWP, memiliki e-KTP dan memiliki pendapatan tidak lebih dari Rp4 juta untuk rumah tapak dan Rp7 juta untuk rumah susun.